Meneropong Kekalahan Ekonomi Rusia Selama 1 Tahun Perang Melawan Ukraina

Rabu, 22 Februari 2023 - 21:59 WIB
loading...
A A A
Selain itu, pengiriman uang ke negara-negara tetangga telah melonjak lebih dari sepuluh kali lipat dan mereka dengan cepat menarik bisnis dari Rusia. Misalnya di Uzbekistan, Tashkent IT Park telah mengalami pertumbuhan pendapatan secara year to year sebesar 223% dan pertumbuhan total ekspor teknologi mencapai 440%.

Sementara itu surga lepas pantai untuk orang kaya Rusia seperti UEA (Uni Emirate Arab) sedang booming, dengan perkiraan 30% dari individu Rusia yang memiliki kekayaan bersih cukup besar telah melarikan diri.

- Rusia Beradaptasi Sebagai Pemasok

Rusia secara historis telah menjadi pemasok komoditas utama bagi ekonomi dunia dengan pangsa pasar yang beragam, mulai dari energi, pertanian hingga logam. Namun Rusia tidak relevan dengan ekonomi dunia karena jauh lebih mudah bagi konsumen untuk mengganti pemasok komoditas yang tidak dapat diandalkan daripada bagi pemasok untuk menemukan pasar baru.

Rantai pasokan sudah beradaptasi dengan mengembangkan sumber alternatif yang tidak tunduk pada keinginan Putin. Untuk pasar logam dan energi disebutkan beberapa di antara dapat sepenuhnya dan secara permanen menggantikan output Rusia dalam rantai pasokan global.

Bahkan mitra dagang Rusia yang tersisa tampaknya lebih memilih pembelian pasar spot jangka pendek dan oportunistik dari komoditas Rusia untuk memanfaatkan harga yang tertekan daripada berinvestasi dalam kontrak jangka panjang atau mengembangkan pasokan baru dari Rusia.

Tampaknya Rusia sedang dalam perjalanan menuju ketakutan terburuknya menjadi ketergantungan terhadap China sebagai sumber bahan bakunya yang murah.

- Ekonomi Rusia Ditopang Kremlin

Kremlin harus menopang ekonomi dengan langkah-langkah intens, dan kontrol Kremlin semakin merayap ke setiap sudut ekonomi dengan semakin sedikit ruang tersisa untuk inovasi sektor swasta.

Kebijakan tersebut terbukti sangat mahal. Pengeluaran pemerintah naik 30% secara year to year. Anggaran federal Rusia 2022 memiliki defisit 2,3% –secara tak terduga melebihi semua perkiraan-.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1274 seconds (0.1#10.140)