Profil Suryo Utomo, Dirjen Pajak yang Menangani Kasus Rafael Alun Trisambodo

Jum'at, 24 Februari 2023 - 18:07 WIB
loading...
Profil Suryo Utomo, Dirjen Pajak yang Menangani Kasus Rafael Alun Trisambodo
Suryo Utomo merupakan Dirjen Pajak yang kini tengah menangani kasus Rafael Alun Trisambodo. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Suryo Utomo merupakan Dirjen Pajak yang kini tengah menangani kasus Rafael Alun Trisambodo . Rafael adalah ayah dari tersangka pelaku penganiayaan Mario Dandy Satrio yang juga pegawai Ditjen Pajak.

Suryo Utomo merupakan Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Republik Indonesia sejak 1 November 2019 lalu untuk menggantikan Robert Pakpahan yang sudah memasuki masa pensiun.

Sebelum menjabat sebagai Dirjen Pajak, Surya menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Kepatuhan Pajak.

Baca juga : Dicopot dari Ditjen Pajak, Rafael Alun Masih Jadi PNS?

Dalam riwayat pendidikannya, diketahui Surya meraih gelar Sarjana Ekonomi di Universitas Diponegoro pada tahun 1992. Selain itu dirinya juga melanjutkan pendidikan Master of Business Taxation di University of Southern California, Amerika Serikat dan mendapatkan gelarnya pada tahun 1998.

Pria kelahiran 26 Maret 1969 ini mengawali kariernya di Kementerian keuangan dimulai dari Pelaksana di Kementerian Keuangan pada tahun 1993 di Sekretariat Direktorat Jenderal Pajak.

Sementara itu ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Seksi PPN Industri pada tahun 1998 dan sebagai Kepala Seksi Pajak Penghasilan Badan pada tahun 2002.

Baca juga : Copot Jabatan Rafael Alun Trisambodo, Sri Mulyani: Kepercayaan Masyarakat Jangan Dikhianati

Pada tahun 2002 inilah kariernya mulai moncer, dirinya dipromosikan menjadi Kepala Subdirektorat Pertambahan Nilai Industri, 2006 menjadi Kepala Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing Tiga, 2008 menjadi Kepala Kantor Pelayanan Pajak Wajib Pajak Besar Satu.

Pada 28 Maret 2009 Surya juga dipromosikan menjadi Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah I dan pada tahun 2010 dia juga menjadi Direktur Peraturan Perpajakan I.

Berlanjut di tanggal 31 Maret 2015, Surya menjadi Direktur Ekstensifikasi dan Penilaian, dan pada 1 Juli 2015 sampai dengan 31 Oktober 2019 ia dipercaya menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Kepatuhan Pajak.

Hingga pada tahun 2019 Surya ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi Dirjen Pajak. Untuk merealisasikannya kemudian dirinya dilantik oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada tanggal 1 November 2019.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9343 seconds (0.1#10.140)