Awas Meterai Palsu! Masyarakat Diimbau Beli di Kantorpos atau Aplikasi Pospay

Jum'at, 03 Maret 2023 - 11:36 WIB
loading...
A A A
Menurut VP Financial Service Product Management PT Pos Indonesia, Yudha Pribadhi, mengacu PP No 86/2021, meterai elektronik penggunaannya dilakukan dengan cara dibubuhkan pada dokumen melalui sistem tertentu. E-meterai merupakan pola pembubuhan meterai untuk dokumen dalam bentuk digital yang baru saja diterapkan.

(Baca juga:Penjelasan Ditjen Pajak Soal Pengenaan Bea Meterai Rp10.000)

PT Pos Indonesia menyediakan e-meterai dalam rangka memudahkan masyarakat awam yang belum memahami penggunaan e-meterai dan kesulitan untuk mendapatkan e-meterai. “Kantor Pos semakin lengkap melayani, selain menjual meterai tempel juga menjual e-meterai. Untuk kebutuhan meterai, silakan datang langsung ke Kantorpos,” kata Yudha Pribadhi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/3/2023).

Maraknya Meterai Palsu
Kemajuan teknologi itu sendiri bak dua sisi mata uang. Satu sisi akan menyuguhkan hal baik atau positif dari fungsinya, dan sisi lainnya melahirkan penyalahgunaan akan fungsi dan tujuannya.

Sama dengan keberadaan meterai, baik meterai tempel dan e-meterai. Beberapa waktu belakangan, meterai palsu marak beredar di tengah masyarakat. Peredaran ini sudah dalam tahap mengkhawatirkan karena bisa berimplikasi pada keabsahan dokumen bermeterai.

Meterai palsu pun ditengarai sengaja dijual di marketplace. Baik meterai tempel dan e-meterai harga dasarnya sama-sama Rp10.000. Meterai tempel misalnya, dijual dengan harga yang jauh di bawah harga dasar meterai cetak itu sendiri, ada yang menjual di harga Rp6.000 dan Rp8.000.

PT Pos Indonesia selaku pihak penyalur resmi yang ditunjuk pemerintah, mengimbau masyarakat agar membeli meterai di Kantorpos atau melalui aplikasi Pospay untuk mencegah membeli meterai palsu.

(Baca juga:Belanja Online Bakal Kena Tarif Meterai, Jika?)

PT Pos Indonesia sudah dikenal sebagai institusi yang menjual Meterai tempel yang dijamin keasliannya. “Saat ini juga menjual e-meterai untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan e-meterai dari perusahaan pemerintah yang sangat jelas dan dipercaya,” jelas Yudha.

Manajer Konsinyasi dan Filateli PT Pos Indonesia, Ria Marantika menambahkan kalau mau mendapatkan meterai yang pasti asli, “Belinya di Kantorpos,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1733 seconds (0.1#10.140)