Jos! Desa Sejahtera Astra Wajak Lor Lepas Ekspor Ikan Hias Rp1,8 Miliar ke 3 Negara

Rabu, 15 Maret 2023 - 14:44 WIB
loading...
A A A


Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar mengatakan, ekosistem pemberdayaan cluster perikanan Cah Angon Foundation merupakan salah satu hal yang perlu didorong untuk menciptakan produktivitas budidaya ikan hias yang saat ini memang memiliki potensi pasar yang luar biasa.

“Harapannya semoga budidaya ikan hias ini tidak hanya menyasar negara-negara seperti Australia, Inggris dan Jepang melainkan ke berbagai negara lainnya seperti pasar Eropa bahkan pasar Afrika,” ucapnya.

Jos! Desa Sejahtera Astra Wajak Lor Lepas Ekspor Ikan Hias Rp1,8 Miliar ke 3 Negara


Selain itu, Menteri Desa PDTT juga turut meresmikan program Local Champion Hub (rumah konsolidator UMKM Juara) yang siap mewadahi para palaku seperti petani, pembudidaya, peternak maupun pengrajin melalui ekosistem yang terintegrasi.

Contoh pada ekosistem cluster ikan hias ekosistem ini dimulai dari pelatihan, pemijahan, pembesaran, perizinan, penetrasi pasar ekspor hingga karantina, dan tentunya adalah kepastian pasar nasional maupun internasional.



Patut diakui, produktivitas budidaya perikanan di daerah Wajak Lor memang memiliki potensi yang sangat luar biasa, selain memiliki ciri dan karakteristik tertentu juga memiliki permintaan dunia akan kebutuhan ikan mas koki sangat besar.

“Untuk pertama kalinya, ikan mas koki dari Desa Wajak Lor yang diekspor ke tiga negara itu nilainya mencapai Rp1,8 miliar, dan hanya grand launching kali ini," kata Bupati Tulungagung Maryoto Birowo.
(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4054 seconds (0.1#10.140)