Yuk, Optimalkan Hobi jadi Cuan Lewat Media Digital

Jum'at, 17 Maret 2023 - 21:02 WIB
loading...
A A A
Menurut dia, ada tiga hobi yang dapat menghasilkan cuan yaitu hobi yang marketable, dapat ditekuni jangka panjang, dan mengikuti tren.

Jika ingin memulainya dengan menjadi kreator konten, misalnya, maka perlu meningkatkan kreativitas untuk membuat video Reels, melakukan live streaming, dan mengunggah konten secara rutin.

Pada webinar yang sama, Dosen Universitas Mulia, Fachrullah menyoroti ihwal budaya digital, di mana masifnya penggunaan media digital menyebabkan nilai-nilai baru dari budaya asing masuk dengan begitu derasnya.

"Namun apabila ruang digital digunakan dengan baik dapat menjadi wadah menuangkan kreativitas bahkan meraup cuan sebagai kreator konten," tandasnya.

Dia menambahkan, kreator konten juga harus pula memahami bahwa di ruang digital tetap ada multikulturalisme. Pengguna ruang digital yang saling terhubung satu sama lain, dari berbagai daerah dengan budaya dan bahasa berbeda.

Apalagi di ruang digital satu sama lain menggunakan bahasa verbal dan non verbal yang berbeda, memungkinkan kesalahpahaman terjadi.

Lebih lanjut, anggota bidang Penelitian dan Pengembangan SDM Relawan TIK Provinsi Bali, Ni Kadek Sintya, menekankan tentang pentingnya internet sehat di tengah perkembangan teknologi internet yang begitu masif.

Aspek keamanan digital seperti mengamankan perangkat digital dan identitas digital harus dipahami pengguna internet guna mencegah penipuan serta memahami rekam jejak digital. Terlebih lagi patut diingat bahwa rekam jejak digital ini sangat sulit dihilangkan meskipun telah dihapus.

Untuk itu, internet hendaknya dimanfaatkan untuk hal-hal positif dan menampilkan konten-konten edukatif, inspiratif serta menghibur, misalnya terkait pendidikan, ekonomi, kesehatan, interaksi sosial dan bidang pariwisata.

"Penggunaan internet sehat merupakan konsep penggunaan internet dengan bijak yang sesuai dengan etika dan norma yang berlaku, tanpa membahayakan diri sendiri atau orang lain," paparnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)