Artis R dan P Disebut Terlibat Pencucian Uang Rafael Alun, Begini 10 Cirinya Versi Rhenald Kasali

Selasa, 04 April 2023 - 16:09 WIB
loading...
A A A
2. Easy Money

Diterangkan seperti namanya Easy Money, seakan-akan mudah sekali. Rhenald Kasali mengibaratkan apabila Anda ingin pinjam uang dari bank, Anda tidak bisa dapat uang sekaligus. Anda tidak bisa membangun secepat itu, ekspansi secepat itu.

"Anda harus presentasi dulu kepada pimpinan bank. Anda harus tunjukkan cash flow, Ada laporan keuangan yang diadit, bank tidak akan sembarangan. Tetapi kalau Anda gunakan easy money, is so easy," ucapnya.

"Anda tidak perlu laporan keuangan, tidak perlu laporan audit, tidak perlu profit yang penting top light, yang penting heboh dan kemudian bisnisnya cepat banget karena memang tujuannya adalah tempat untuk menitipkan uang. Jadi asetnya masih kelihatan dan akhirnya orang-orang yang mendapatkan easy money kemudian berharta glamor," bebernya.

Sambungnya kebanyakan uangnya dipakai untuk membeli Ferari dan segala macam. Tidak heran juga, kadang-kadang pakai nama orang lain.

3. Selalu punya Alibi

Disebutkan mereka yang menjalankan bisnis dengan uang hasil pencucian uang selalu punya Alibi, bahwa ini adalah hasil dari usaha. "Padahal kalau kita hitung-hitung hasil usaha itu mana bisa untuk beli Ferari. Terlebih lagi dipakai untuk membeli pesawat Jet, inikan lucu-lucuan namanya," ucap Prof Rhenald Kasali.

Kemudian mereka mengatakan, semua ini didapatkan dari hasil investasi baru atau mereka juga mengaku dari hasil pekerjaan. Dan kita tahu pekerja itu tidak mungkin menghasilkan uang sebesar itu.

4 Bukan Bangun Usaha

Mereka bukan membangun usaha, tetapi new empire atau kerajaan baru yang sangat besar. Kenapa bisa begitu? karena satu orang yang nitip, lama-lama banyak orang juga nitip. Orang yang nitip adalah orang yang DNA-nya sama. Lama-lama munculah orang-orang kaya dan berpangkat yang juga ingin mendapatkan kue di sini bisa menyimpang uang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0868 seconds (0.1#10.140)