Komitmen Pelayanan Unggulan Terintegrasi, KB Bukopin Optimalkan Sebaran Jaringan Kantor

Kamis, 06 April 2023 - 15:29 WIB
loading...
Komitmen Pelayanan Unggulan Terintegrasi, KB Bukopin Optimalkan Sebaran Jaringan Kantor
Jerry Marmen selaku Komisaris Utama PT Bank KB Bukopin Tbk (Foto: dok KB Bukopin)
A A A
JAKARTA - Setiap inovasi produk dan layanan perbankan yang terdapat pada market saat ini merupakan bentuk respon terhadap kemajuan teknologi informasi yang berlangsung dengan pesat.

Awalnya, tren layanan dan transaksi perbankan yang ditawarkan kepada nasabah disuguhkan dengan ketersediaan jaringan operasional bank yang tersebar di titik-titik strategis pangsa pasar, di mana nasabah dapat melakukan aktivitas perbankan pada jaringan tersebut.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi menuju era digitalisasi, pelaku usaha perbankan perlahan namun pasti telah menyediakan kemudahan layanan tambahan melalui hadirnya internet dan mobile banking bagi nasabahnya.

Saat ini, era tersebut telah berkembang sedemikian rupa dengan hadirnya platform dan layanan non-bank yang memudahkan masyarakat dalam beraktivitas finansial.

Dalam fenomena tersebut, jaringan operasional menjadi kurang relevan karna penyedia layanan dapat senantiasa memberikan pelayanan optimal melalui inovasi dan nasabah dapat langsung menikmatinya.

Terlebih, menurut data Otoritas Jasa Keuangan pada 2015 silam terkait sebaran dan jumlah kantor cabang bank, dinyatakan bahwa terdapat 32.953 jaringan kantor.

Mengacu pada data serupa dengan periode yang berbeda, bahwa terdapat 25.641 jaringan kantor pada Juni 2022. Hal tersebut mengindikasikan terjadinya optimalisasi layanan dan jaringan kantor di industri perbankan yang cukup masif, dengan penurunan jaringan kantor sebanyak 22,19 persen dalam kurun waktu tujuh tahun.

Oleh karena itu, langkah KB Bukopin teresbut dinilai juga menjadi upaya Perseroan dalam beradaptasi dengan perubahan kebiasaan masyarakat dalam melakukan aktivitas perbankan saat ini. Hal ini beriringan dengan penerapan konsep ‘banking everywhere’ yang perlahan akan disuguhkan kepada nasabah.

“Kami senantiasa berinovasi dalam menjawab tantangan industri dan perkembangan teknologi informasi. Kami percaya bahwa layanan yang telah kami siapkan dapat memiliki nilai tambah dalam hal pelayanan optimal kepada nasabah yang dibarengi dengan efisiensi dan efektifitas biaya dan SDM yang diperlukan,” ujar Wakil Direktur Utama KB Bukopin Robby Mondong.

KB Bukopin meyakini bahwa inovasi produk dan layanan yang saat ini tengah dipersiapkan dapat menjawab seluruh kebutuhan nasabah, sehingga dapat menjadikan KB Bukopin sebagai salah satu pilihan utama penyedia layanan dan solusi perbankan bagi masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2022 seconds (0.1#10.140)