Waspada! Krisis Perbankan di Amerika Belum Berakhir, Bagaimana Efeknya?

Kamis, 06 April 2023 - 15:21 WIB
loading...
Waspada! Krisis Perbankan di Amerika Belum Berakhir, Bagaimana Efeknya?
Kepala bank terbesar Amerika mengeluarkan peringatan bahwa krisis yang dihadapi sistem perbankan AS belum berakhir. Mungkinkah bakal menjadi seperti krisis 2008?. Foto/Dok
A A A
WASHINGTON - Kepala bank terbesar Amerika mengeluarkan peringatan bahwa krisis yang dihadapi sistem perbankan AS (Amerika Serikat) belum berakhir. Hal itu disampaikan Kepala Eksekutif JPMorgan Chase, Jamie Dimon dalam surat tahunan kepada pemegang saham hanya beberapa minggu setelah keruntuhan dramatis dua bank besar AS.



Dia berharap, krisis atau gejolak yang terjadi tidak memicu krisis global seperti pada 2008. Menurutnya kali ini melibatkan lebih sedikit pemain dan masalah yang terjadi.

Meski begitu, Ia memperingatkan tetap waspada karena efeknya tetap ada. "Meskipun kali ini tidak seperti 2008, tidak jelas kapan krisis saat ini akan berakhir," katanya.

"Bahkan ketika itu ada di belakang kita, dampak darinya bakal terasa selama bertahun-tahun yang akan datang," ucapnya memperingatkan.



Dimon merupakan veteran Wall Street, yang mengarahkan JPMorgan melalui krisis keuangan 2008, ketika paparan pinjaman rumah yang buruk di AS menyebabkan masalah di seluruh sistem keuangan global.

Dalam beberapa pekan terakhir, ia bekerja dengan pejabat pemerintah untuk mengoordinasikan rencana penyelamatan untuk First Republic bank yang berbasis di California, yang dikhawatirkan banyak orang juga di ambang kehancuran.

Dalam waktu dekat, dia mengatakan, kegagalan Silicon Valley Bank dan Signature Bank dan pengambilalihan Credit Suisse yang terburu-buru di Eropa, telah memicu "banyak kegelisahan di pasar" dan kemungkinan akan mendorong pemberi pinjaman untuk mundur dalam beberapa bulan ke depan, meningkatkan kemungkinan terjadinya resesi ekonomi.

Namun dia mengatakan, tidak jelas apakah krisis akan mempengaruhi konsumen reguler di AS, yang merupakan pendorong utama ekonomi terbesar di dunia. "Sementara itu krisis saat ini telah mengungkap beberapa kelemahan dalam sistem, itu tidak boleh dikesampingkan ... apa pun seperti apa yang kami alami pada tahun 2008," tulisnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1862 seconds (0.1#10.140)