56 Tahun Berkiprah, Freeport Komit Memberikan yang Terbaik untuk Indonesia

Sabtu, 15 April 2023 - 12:00 WIB
loading...
A A A
Pada paparan sebelumnya Tony menyampaikan progress pembangunan smelter di Gresik Jawa Timur yang terus dikebut sebagai bentuk komitmen Freeport untuk mendukung program hilirisassi pemerintah. Kemajuan pembangunan smelter Gresik hingga Februari 2023 sudah mencapai 56,5%. “ Total serapan biayanya USD1,83 miliar atau sekitar Rp 27 triliun,” ucap Tony.

Dia menyakini jika sudah beroperasi smelter Gresik akan menjadi smelter terbesar di dunia. Sedangkan konstribusi pembangunan infrastuktur, Tony juga menjelaskan pembangunan kompleks olahraga di Mimika yang telah dipergunaka pada waktu PON 2021 Papua.

Komplek olahraga itu menggunakan lahan seluast 12,5 hektar dengan biaya sekitar Rp468 miliar. Di samping itu, PT FI juga membangun Papua Football Academy (PFA) di Timika untuk melahirkan atlet atlet sepakbola Indonesia berkelas dunia.

“Tahun lalu ada 477 pemain yang mendaftar seleksi dari 3 kota di Papua. Terpilih 30 pemain untuk U14. Mereka dilatih secara profesional untuk menjadi bintang sepak bola masa depan Indonesia,” ujar Tony yang juga menyempatkan diri berfoto bersama anak anak PFA di stadion Sepak bola Mimika basecamp PFA.



Pada hari terakhir, dilakukan peringatan HUTke 66 PT FI di Tembagapura Sport Hall yang didahului buka puasa bersama, pentas seni dan ditutup dengan konser grup band Gigi dari Jakarta. Di atas panggung dalam pidatonya Tony kembali mengingatkan komitmen PT FI kepada negara. Tahun 2022 PT FI memberikan kontribusi buat negara Rp50 triliun lebih. Untuk daerah Papua Rp 8,5 triliun. “Ini adalah hasil kerja keras kita semua. Semua bekerja bersama,” ucap Tony disambut tepuk tangan.

Tony melanjutkan bahwa tahun 2022 Presiden Joko Widodo telah berkunjung ke wilayah operasional tambang dan menginap di Tembagapura. “Beliau berpesan agar Freeport harus dijaga dengan baik mengingat kontribusinya sangat besar bagi perokomian Indonesia. Khususnya bagi Papua. Ini menunjukkan PT FI sangat dipercaya oleh pemerintah Indonesia,” tuturnya.
(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1208 seconds (0.1#10.140)