10 Kota dengan Jumlah Miliarder Terbanyak di Dunia, Moskow Rusia Bangkit

Jum'at, 21 April 2023 - 07:07 WIB
loading...
A A A
Kota ini memiliki 15 miliarder yang melakukan comeback, termasuk Roman Trotsenko (USD3,2 miliar), pemilik Aeon Corporation, yang mengoperasikan lebih dari 20 bandara di Rusia. Ada juga taipan pipa Anatoly Sedykh (harta USD1,8 miliar) dan Dmitry Pumpyansky (USD1,7 miliar).

Selanjutnya ada Sergei Katsiev (nilai kekayaannya USD1,6 miliar), dimana Ia merupakan pemilik penjual produk tembakau terbesar di Rusia. Vladimir Potanin (USD23,7 miliar) menggantikan Vladimir Lisin (USD22,1 miliar) sebagai warga terkaya di Moskow.

7. Mumbai

56 miliarder
Sejak tahun lalu: +5
Total kekayaan bersih: USD276.4 miliar
Penduduk terkaya: Mukesh Ambani (USD83.4 miliar)

Mumbai telah naik satu tempat untuk menjadi kota paling dengan jumlah miliarder terbanyak ketujuh di dunia. Mukesh Ambani (harta USD83,4 miliar) terus menjadi warga terkaya, dengan hartanya menyumbang 30% dari total kekayaan keseluruhan miliarder di kota tersebut.

Dua dari enam tambahan miliarder baru adalah raja mal, Atul Ruia (USD1,2 miliar) dan Abhay Soi (USD1,2 miliar), chairman Max Healthcare Institute, rumah sakit terdaftar terbesar kedua di India berdasarkan pendapatan.

8. Shenzhen

54 miliarder
Sejak tahun lalu: berkurang 5
Total kekayaan bersih: USD246 miliar
Penduduk terkaya: Ma Huateng (USD35,3 miliar

Turun dari posisi No. 6 tahun lalu, Shenzhen mengalami kerugian usai 5 miliarder kehilangan statusnya. Jajaran orang paling tajir di kota ini termasuk di antaranya taipan properti Huang Shih Tsai (USD840 juta) dan Ren Zhengfei, yang memimpin perusahaan perangkat keras telekomunikasi Huawei Technologies (USD851 juta).

Gelar orang terkaya di kota ini masih dipegang oleh Ma Huateng ($ 35,3 miliar), CEO raksasa internet Tencent.

9. Singapura

46 miliarder
Sejak tahun lalu: bertambah 10
Total kekayaan bersih: USD133.3 miliar
Penduduk terkaya: Goh Cheng Liang (USD14,3 miliar

Singapura bergabung dengan peringkat teratas tahun ini setelah menyambut empat miliarder baru dan dua orang yang kembali ke hitungan. Goh Cheng Liang, pemilik produsen cat terbesar keempat di dunia, berada di puncak daftar orang terkaya Singapura dengan perkiraan harta bersihnya mencapai USD14,3 miliar.

Bergabung kembali dalam daftar adalah Min-Liang Tan (USD1,1 miliar), pendiri perusahaan elektronik Razer. Sedangkan untuk pemula termasuk Michael Kum (USD1 miliar) dengan kerajaan perhotelan miliknya yang mencakup sembilan hotel di seluruh Eropa dan Asia, dan Loo Choon Yong (USD1 miliar) dengan kepemilikan lebih dari 100 klinik kesehatan di Singapura.

10. Delhi

37 miliarder
Sejak tahun lalu: meningkat 2
Total kekayaan bersih: USD116.4 miliar
Penduduk terkaya: Shiv Nadar (USD25.6 miliar)

Delhi menjadi kota kesepuluh dengan jumlah miliarder terbanyak, namun harus berbagi tempat dengan San Francisco
yang sama-sama memiliki 37 miliarder. Delhi merupakan pendatang baru di peringkat sepuluh besar.

Deretan orang terkaya yang meraup cuan termasuk di antaranya Manohar Lal Agarwal (USD1 miliar), yang menjalankan Haldiram Snacks yang berbasis di Delhi, serta Saroj Rani Gupta (USD1,2 miliar), yang mendirikan tabung APL Apollo pada tahun 1986 dengan mendiang suaminya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1728 seconds (0.1#10.140)