Nyaris Bangkrut, Nasabah Bank First Republic Tarik Dana Rp1.493 Triliun

Selasa, 25 April 2023 - 11:52 WIB
loading...
Nyaris Bangkrut, Nasabah Bank First Republic Tarik Dana Rp1.493 Triliun
Nasabah First Republic menarik dana di tengah gejolak yang lebih luas di industri perbankan AS. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Nasabah First Republic menarik dana lebih dari USD100 miliar atau sekitar Rp1.493 triliun dari simpanan bank bulan lalu di tengah gejolak yang lebih luas di industri perbankan . Bank pemberi pinjaman yang berbasis di California itu melaporkan sahamnya turun sebanyak 20% akibat aksi tersebut.

Mengutip Financial Times, penarikan uang nasabah itu membuat simpanan di bank turun USD72 miliar atau sebesar 40% di sepanjang kuartal I 2023. Meskipun telah ditopang pemberian pinjaman AS yang memarkir dananya USD30 miliar untuk membangun kepercayaan publik pada bank yang sakit.



Penarikan dana nasabah mulai stabil bulan ini kendati simpanan bank terus menurun. Deposit account turun signifikan lebih buruk dari perbankan lain yang mengalami penurunan 1 digit sepanjang kuartal I tahun ini.

First Republic mengatakan setelah penarikan dana, proporsi simpanan yang tidak diasuransikan, yang secara signifikan lebih tinggi daripada saingannya, turun dari 68% menjadi 27%. Angka tersebut tidak termasuk USD30 miliar yang disimpan oleh bank pesaing.

First Republic melaporkan akan memangkas sebanyak 25% tenaga kerja dalam dua bulan ke depan untuk mengurangi biaya. Itu memiliki sekitar 7.200 karyawan pada akhir tahun lalu.

Tak hanya itu, bank juga melaporkan untuk mengurangi biaya dengan mengurangi ruang kantor dan proyek serta aktivitas yang tidak penting. Beberapa eksekutif Wall Street secara pribadi memperkirakan saham First Republic akan dijual seluruhnya atau sebagian. Keuntungannya anjlok lebih dari sepertiga pada kuartal 1 tahun ini menjadi USD229 juta, atau USD1,23 per saham.

Itu sedikit lebih baik dari perkiraan analis dan membuat pinjaman sedikit lebih banyak meskipun keuntungan dari pinjaman telah turun lebih dari 20%.

"Terlepas dari ketidakpastian beberapa bulan terakhir kami telah mempertahankan 90% dari hubungan klien kami yang kami miliki pada awal kuartal pertama," kata Kepala Eksekutif First Republic Michael Roffler, di mana bank menolak untuk menjawab pertanyaan dari analis.

"Kami sedang bekerja untuk merestrukturisasi neraca kami dan mengurangi pengeluaran dan pinjaman jangka pendek kami," jelas Chief Financial Officer Neal Holland.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1760 seconds (0.1#10.140)