Ekonomi RI Diprediksi Tetap Tumbuh Signifikan di Tengah Ketidakpastian Global

Selasa, 25 April 2023 - 17:36 WIB
loading...
Ekonomi RI Diprediksi Tetap Tumbuh Signifikan di Tengah Ketidakpastian Global
Ekonomi RI diprediksi sesuai ekspektasi di tengah risiko ketidapastian global yang meningkat. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perekonomian Indonesia optimistis tumbuh signifikan di tengah ketidakpastian global serta gangguan rantai pasok. Berdasarkan laporan, pemerintah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi kuartal I 2023 mencapai 5-5,3%.

"Dari sisi makro ekonomi, pasar Indonesia sangat kuat dan stabil walaupun beberapa pihak masih mengingatkan adanya kewaspadaan tahun ini. Namun, dengan proyeksi pertumbuhan nasional kisaran 5% pada kuartal I dan data kinerja ekonomi riil yang positif. Hal itu kian menunjukkan kekuatan struktur ekonomi dalam negeri," ujar Direktur Eksekutif Lippo Group John Riady melalui pernyataannya, dikutip, Selasa (25/4/2023).



Dia mengatakan ketidakpastian perekonomian global yang terganggu akibat perang, hingga gegernya krisis perbankan di Amerika Serikat (AS) dan Eropa tidak serta merta mengguncang perekonomian nasional. Beruntungnya keyakinan tersebut ditopang dari rilis data ekonomi kuartal I 2023.

Adapun capaian perekonomian domestik cukup menggembirakan di tengah kemelut ekspor yang menurun seiring permintaan global yang melemah. Sebaliknya, sentimen positif dari pasar dalam negeri cukup banyak. Selain adanya momentum Ramadan dan Lebaran, pasar dalam negeri masih menjadi pijakan pelaku usaha dan industri.

Dia memberikan gambaran untuk konsumsi produk otomotif baik roda dua dan roda empat, mengalami pertumbuhan signifikan. Pasar roda empat tumbuh dua digit, bahkan pasar roda empat melompat hingga 50% sepanjang kuartal I tahun ini. Berdasarkan kondisi itu perekonomian ataupun pasar domestik masih memberikan peluang pertumbuhan signifikan.

"Kami sebagai pengusaha masih harus hati-hati dan prudent. Namun, momen tahun ini memberikan banyak kesempatan untuk ekspansi ataupun melancarkan aksi korporasi lainnya," kata dia.

Pernyataan tersebut sejalan dengan tren keyakinan industri. Berdasarkan data Bank Indonesia (BI) terkait saldo bersih tertimbang (SBT) kegiatan dunia usaha, terjadi peningkatan 11,05% pada kuartal pertama tahun ini, jauh lebih tinggi dari tingkat kinerja pada kuartal pertama tahun lalu.

Indeks kepercayaan industri baik melalui PMI (Purchasing Managers Index) maupun Indeks Kepercayaan Industri (IKI) sama-sama berada di level ekspansi. "Ini menggambarkan bagaimana pandangan pengusaha dan kesiapan industri dalam rentang enam bulan ke depan, ternyata mereka tidak ada kerisauan, malah cenderung optimistis," kata dia.

Dia megatakan bahwa Lippo tetap berkomitmen melakukan ekspansi tahun ini. Tahun ini, bakal ada ekspansi dari gerai tentakel ritel Lippo yakni Matahari Department Store (LPPF) dan Matahari Putra Prima (MPPA).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1977 seconds (0.1#10.140)