Di KTT ASEAN, Menko Airlangga Bahas Penguatan Kerja Sama Sawit dengan Malaysia

Rabu, 10 Mei 2023 - 17:22 WIB
loading...
Di KTT ASEAN, Menko Airlangga Bahas Penguatan Kerja Sama Sawit dengan Malaysia
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu Menteri Investasi, Perdagangan, dan Industri Malaysia Tengku Zafrul Aziz di KTT ASEAN ke-42, di Labuan Bajo. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
LABUAN BAJO - Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2023 tercatat sebesar 5,03% year on year (yoy) di mana sektor pertanian tumbuh sebesar 4,73% (yoy). Sementara, sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan berkontribusi sebesar 0,04% dari pertumbuhan PDB nasional.

Kinerja sektor tersebut ditunjukkan dengan capaian nilai ekspor sebesar USD1,09 Juta dan berkontribusi 1,62% terhadap total ekspor sepanjang kuartal I 2023. Upaya penguatan kerja sama bilateral terus dilakukan Indonesia guna mendorong ekspor dan mendukung perekonomian nasional.



Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Investasi, Perdagangan, dan Industri Malaysia Tengku Zafrul Aziz di sela-sela KTT ASEAN ke-42, pada Rabu (10/5) di Labuan Bajo. Pertemuan tersebut membahas kerja sama bilateral Indonesia – Malaysia, terutama di sektor komoditas seperti kelapa sawit dan karet.

Menko Airlangga sebelumnya pada Februari 2023 sudah bertemu dengan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Perkebunan dan Komoditas Malaysia YAB Dato' Sri Haji Fadillah bin Haji Yusof di mana membahas kerja sama untuk mengatasi diskriminasi kelapa sawit. Pada pertemuan tersebut, Menko Airlangga juga membahas kemungkinan dan strategi perluasan keanggotaan Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC) dalam waktu dekat.



Pada pertemuan kali ini, kedua Menteri sepakat untuk saling mendukung dalam kebijakan dan negosiasi yang menyangkut ekspor komoditas kelapa sawit dan turunannya, serta meningkatkan kerja sama dalam kerangka CPOPC.

Turut hadir mendampingi Menko Airlangga antara lain Menteri Perdagangan, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Deputi Bidang Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian, dan Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional Kemendag.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1049 seconds (0.1#10.140)