Komoditas Batu Bara Selalu Jadi Primadona Indonesia

Jum'at, 12 Mei 2023 - 12:51 WIB
loading...
Komoditas Batu Bara Selalu Jadi Primadona Indonesia
Sebagai eksportir Batu Bara terbesar dunia, Indonesia mampu mencatat surplus neraca perdagangan selama 31 bulan beruntun hingga November 2022. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pada 2022 dapat dikatakan menjadi tahun emas bagi komoditas Batu Bara yang berhasil meraup keuntungan ketika harga komoditas melonjak naik. Sebagai eksportir Batu Bara terbesar dunia, Indonesia mampu mencatat surplus neraca perdagangan selama 31 bulan beruntun hingga November 2022.

Harga Batu Bara Acuan (HBA) pada Januari 2023 berada di level USD305,21 per ton. Angka tersebut naik 8,43% atau USD23,73 per ton dari bulan Desember 2022 lalu sebesar USD281,48 per ton.



Dalam proses penambangan, ketersediaan peralatan terutama alat berat akan menentukan keberlangsungan produksi yang berdampak pada produktivitas dan efisiensi. Sebagai perusahaan pembiayaan yang salah satunya merupakan pembiayaan alat berat, MNC Guna Usaha Indonesia mendukung kegiatan industri pertambangan, konstruksi, manufaktur, perkebunan dan pertanian.

Direktur MNC Guna Usaha Indonesia , Miron Durait Panjaitan menyampaikan, bahwa harga komoditas Batu Bara sangat berkaitan dengan industri rental alat berat seperti yang MNC Guna Usaha Indonesia berikan. Dengan pembiayaan alat berat yang diberikan oleh MNC Guna Usaha Indonesia dapat membantu dalam pembangunan Indonesia.



Kemajuan pembiayaan alat berat memiliki kaitan yang erat dengan harga komoditas dan peningkatan proyek infrastruktur khususnya pada pertambangan. Pembiayaan alat berat dapat menjadi solusi terbaik untuk menekan biaya dan dalam menghemat modal serta meningkatkan fleksibilitas

Menteri ESDM Arifin Tasrif menuturkan, target batu bara untuk kebutuhan domestik di 2023 memang lebih kecil dibandingkan realisasi di tahun 2022 karena menimbang sejumlah langkah pemerintah untuk mengurangi emisi.

"Kenapa turun dari 193 juta ton ke 177 juta ton? tentu saja ada program-program efisiensi yang harus kita lakukan untuk pengurangan emisi dan juga efisiensi dari pembangkit-pembangkit konsumen batu bara," tuturnya dalam acara Konferensi Pers Capaian Kinerja Sektor ESDM Tahun 2022 dan Program Kerja Tahun 2023 di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin.

Target Pemerintah pada komunitas batu bara tahun ini berada pada angka 695 juta ton dengan pembagian 177 ton merupakan jumlah batu bara yang akan dimanfaatkan untuk kebutuhan domestik. Sedangkan 518 juta ton merupakan jumlah batu bara yang akan diekspor.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1916 seconds (0.1#10.140)