Dongkrak Ekspor Minyak Sawit, Jadikan Perdagangan Panglima

Rabu, 22 Juli 2020 - 18:30 WIB
loading...
Dongkrak Ekspor Minyak Sawit, Jadikan Perdagangan Panglima
Untuk mendongkrak ekspor minyak sawit, hambatan yang dihadapi pebisnis sawit harus segera diurai. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Di tengah pandemi Covid-19, pemerintah perlu serius mengurai segala hambatan yang dihadapi pebisnis sawit . Agar ekspor sawit bisa berjalan mulus. Hal itu disampaikan Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Joko Supriyono dalam Webinar yang diadakan Forum Jurnalis Sawit (FJS), bertajuk "Mendongkrak Pasar Domestik dan Ekspor Minyak Sawit Indonesia” hari ini.

Joko berharap, pemerintah menjadikan perdagangan luar negeri sebagai panglima. “Kalau untuk pasar internasional (ekspor sawit), jadikanlah perdagangan sebagai panglima,” tegas Joko Jakarta, Rabu (22/7/2020).

Dia berharap, pemerintah memprioritaskan penyelesaian atas berbagai hambatan di sektor perdagangan luar negeri. “Seluruh hambatan perdagangan harus menjadi tujuan utama untuk dicarikan solusinya. Misalnya, memperkuat G to G,” paparnya.

(Baca Juga: Gapki Minta Pemerintah Tak Membuat Aturan yang Memberatkan Ekspor)

Terkait IA-CEPA yang belum tuntas, Joko berharap pemerintah konsisten dalam memperjuangkan sawit Indonesia di kancah internasional. Termasuk dari sisi regulasi terhadap industri sawit dalam negeri, perlu ada kajian. Salah satunya terkait aturan logisitik yakni over dimension over load (ODOL). “No Palm Oil No CEPA, pemerintah sudah benar. Dalam hal ini, perlu konsistensi. Atau aturan ODOL,” tuturnya.

Sementara, Ketua Umum Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) Derom Bangun mengatakan, pasar ekspor produk sawit Indonesia didominasi India, UE, China, Pakistan, Bangladesh, AS, Timur Tengah dan Afrika.

Saat Pandemi Covid-19, kata Derom, permintaan akan minyak sawit dan produk turunannya, boleh dibilang longsor. Seiring penurunan minyak nabati non sawit. Semisal Juni 2020, permintaan minyak sawit di India anjlok hingga 56%. “Kelemahan produk sawit di Indonesia karena promosi dan iklan minim. Beda dengan produk lainnya,” ungkap Derom.

Terkait kebijakan pemerintah mendorong penggunaan biodiesel dari minyak sawit, dirinya optimistis dalam menatap pasar domestik. Namun, semuanya perlu waktu karena harus dikaji secara mendalam dengan melibatkan seluruh stakeholders.
“Misalnya D100 yang diakui Pertamina bagus, dan sudah diuji tim ITB, kabar bagus. Namun harus didiskusikan dengan industri terkait,” tuturnya.

(Baca Juga: Ekspor Juni Capai USD12,03 Miliar, Komoditas Pertanian Paling Moncer)

Meski permintaan dunia melemah karena pandemi Covid-19, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Kasan masih optimistis akan pulihnya ekspor minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) dan produk turunannya.

Sepanjang Januari hingga Mei 2020, ekspor CPO dan turunannya tercatat USD7,6 miliar. Berkontribusi terhadap ekspor non migas sebesar 12,5%. Secara nilai, ekspornya meningkat ketimbang dari tahun sebelumnya. Namun demikian, lanjutnya, terdapat penurunan pangsa ekspor pada periode 2017-2019. “Kita perlu mewaspadai tren penurunan pangsa ekspor sawit Indonesia yang terjadi dalam 3 tahun belakangan ini,” tutur Kasan.

Sementara, total ekspor bulanan CPO dan produk turunannya, tercatat anjlok semenjak merebaknya Pandemi Covid-19. Apalagi bila dibandingkan Desember 2019, nilai ekspor minyak sawit dan turunannya mencapai USD15,98 miliar, atau 53,5% pangsa pasar dunia. “Nilai ini turun 12,32% dibanding pada periode yang sama tahun lalu. Sementara, tren ekspor sepanjang periode 2015-2019 tercatat melorot 0,04%,” tuturnya.

Sementara itu Guru Besar UGM Prof Sri Adiningsih mengatakan pada 2018, tercatat 65% dari total produksi CPO Indonesia diekspor, dan sisanya dikonsumsi di dalam negeri. “Nilai eskpor sawit dan kontribusinya jauh lebih tinggi dari komoditas strategis lainnya, yang dapat diartikan sebagai nilai plus dari kinerja industri sawit nasional,” tutur Sri Adiningsih.

Selama masa pandemi ini, kata Sri Adiningsih, perlu ada transformasi industri kelapa sawit, lantaran pada masa pandemi, terdapat penerapan new normal, paska pandemi, yang pada akhirnya mendorong gaya hidup dan ekonomi di dunia mulai berubah.
Sebab itu dibutuhkan perubahan mindset kelapa sawit, dari bisnis perkebunan ke industri pengolahan kelapa sawit. Termasuk sektor bioenergi adalah masa depan bisnis kelapa sawit. “Indonesia berpotensi menjadi produsen bioenergi terbesar di dunia,” tegasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1415 seconds (0.1#10.140)