Berlian Rusia Kenapa Embargo, Mampukah Meredam Perang?

Senin, 22 Mei 2023 - 18:57 WIB
loading...
A A A
Sudah ada skema untuk mencoba membatasi "blood diamonds" yang disebut Proses Kimberley, di mana negara-negara menyatakan bahwa berlian mereka "bebas konflik". Namun tidak memungkinkan berlian untuk dilacak ke negara asal.

Merket mengatakan cara paling sederhana untuk melacak berlian adalah dengan memperpanjang proses dengan memasukkan dokumentasi dari mana batu-batu itu berasal. Ada juga teknologi yang menandai batu, dan satu sedang dikembangkan yang dapat memindai mereka untuk memeriksa asal geografis.

Apa Efeknya?

Mayoritas berlian Rusia berakhir di India, di mana ada pusat pemotongan dan pemolesan utama di Surat. Bisnis berlian yang lebih kecil di kota itu telah menderita, sebagian karena larangan AS.

Di Afrika, operasi penambangan lokal diuntungkan setelah sanksi AS memukul ekspor Rusia. Namun banyak produsen pertambangan Afrika tidak siap untuk dimasukkan ke dalam skema keterlacakan, kata Merket, dan dapat dikecualikan jika ada yang dibawa masuk.

Di Angola, Alrosa Rusia memiliki saham yang signifikan dalam pertambangan dan pengetatan sanksi dapat memukul perusahaan lokal. Untuk Eropa, keterlacakan harus "Kedap, ilmiah, (dan) internasional", kata Tom Neys, kepala hubungan media di Antwerp World Diamond Centre.

Jika tidak, Eropa berisiko kehilangan USD40 miliar dalam perdagangan berlian setiap tahun, beralih ke tempat-tempat yang tidak memiliki kerangka kerja untuk menangani pencucian uang dan terorisme, katanya.

Dia menambahkan bahwa sanksi Inggris "tidak akan berdampak pada penjualan berlian Rusia" karena Inggris mewakili kurang dari 1% dari perdagangan berlian global.

Seorang juru bicara pemerintah Inggris mengatakan, akan bekerja dengan mitra utama untuk membantu membatasi perdagangan berlian Rusia, "termasuk melalui teknologi penelusuran".
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1790 seconds (0.1#10.140)