4 Bank Besar China Bakal Pangkas Suku Bunga Deposito Dolar

Minggu, 11 Juni 2023 - 18:40 WIB
loading...
4 Bank Besar China Bakal Pangkas Suku Bunga Deposito Dolar
Empat pemberi pinjaman terbesar China telah secara efektif memangkas suku bunga deposito dolar. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Empat pemberi pinjaman terbesar China telah secara efektif memangkas suku bunga deposito dolar. Kebijakan ini diambil seiring permintaan yang kuat terhadap mata uang AS (Dolar/USD) dalam sistem perbankan yang ikut mendorong yuan ke level terendah dalam enam bulan.



Kabar tersebut disampaikan oleh sumber terdekat dengan hal itu seperti dilansir Reuters. Bank-bank ini akan menurunkan plafon untuk perusahaan dan individu, kata orang-orang yang ingin indentitasnya dirahasiakan.



Beberapa cabang pemberi pinjaman tingkat provinsi, sekarang menawarkan sekitar 5,7% pada deposito dolar kepada klien terbesar mereka, turun dari 6% sebelumnya, ungkap salah satu sumber.

Keempat bank China terbesartersebut yakni Industrial & Commercial Bank of China Ltd., Bank of China Ltd., Agricultural Bank of China Ltd. dan China Construction Bank Corp., tidak segera menanggapi permintaan komentar. Berita ini sebelumnya dilaporkan oleh Securities Times.

Yuan diungkap mengalami penurunan 3% terhadap dolar tahun ini, karena perbedaan suku bunga melebar dengan pengetatan Federal Reserve dan China menjaga kebijakan akomodatif. Pemotongan suku bunga deposito meskipun terbatas dalam ruang lingkup, menunjukkan pembuat kebijakan China berusaha untuk mengelola skala penurunan mata uangnya.

"Memotong suku bunga deposito dolar adalah langkah kreatif untuk mengurangi dampak suku bunga yuan yang lebih rendah, kata Tommy Xie, ekonom di Oversea-Chinese Banking Corp.

Namun mungkin tidak cukup ampuh untuk menghalangi carry trade yang menggunakan pinjaman yuan yang lebih murah untuk mendanai pembelian dolar, katanya.

Sementara itu Bank sentral China dan regulator valuta asing pada bulan lalu berjanji untuk mengekang spekulasi mata uang dan mencari cara memperkuat pengelolaan deposito dolar. Mata uang asing yang disimpan dalam sistem perbankan China mencapai USD881,9 miliar pada akhir April.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)