Transformasi Bisnis Tidak Mudah, Simak Resep dari Bos Great Giant Foods

Minggu, 02 Juli 2023 - 13:46 WIB
loading...
A A A


Sebagaimana ramai diperbincangkan, Gen Z dalam mencari pekerjaan tak semata melihat besaran gaji tapi juga yang membuat mereka bisa hidup seimbang atau worklife balance. Terkait hal ini, isu mental health pun sempat mengemuka.

Berdasarkan pengalaman dalam merekrut pekerja, Tommy bilang, Gen Z juga menaruh perhatian pada perusahaan yang punya purpose, tidak sekadar cari cuan.

“Anak-anak sekarang demand (penuntut), mereka pasti nanya ini perusahaan apa? bisnis kalian buat apa? kalau cari duit saja, nggga tertarik. Talent-talent yang pintar sudah pasti nggak mau uang, anak muda ingin kontribusi yang positif,” tuturnya.

“Makanya setelah kami mengubah misi menjadi lebih purposeful, jumlah pelamar (anak muda) membludak. Tiba-tiba menjadi green itu keren,” tambah Tommy.

Dia pun menekankan bahwa bisnis hari ini dan di kemudian hari harus punya produk yang bagus, pembeda atau keunikan yang bagus, pengalaman offline dan online yang bagus serta harus punya purpose.

Tommy melanjutkan, elemen kedua yang jadi kunci dari transformasi adalah kepemimpinan (leadership). Dalam hal ini, harus ada kekompakan dan keselarasan antara pemimpin dengan tim dalam mencapai tujuan ataupun strategi yang telah ditetapkan.

“Seluruh direksi dan tim harus sepakat mau ke sana (tujuan/visi misi), harus bersatu,” tandasnya. Selain itu, sambung dia, harus ada engagement atau interaksi dan diskusi antara atasan dan bawahan.

“Kalau nggak, ibaratnya kita dalam satu kapal tapi mau ke mana nih? Bingung. Akan terjadi banyak proyek yang nggak jelas, buang-buang energi, nggak fokus, purposenya juga nggak jelas,” bebernya.

Kunci ketiga, sambung Tommy, adalah adanya faktor pembeda atau keunikan yang menjadikan bisnis atau produk lebih unggul dari pesaing.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2345 seconds (0.1#10.140)