Transformasi Bisnis Tidak Mudah, Simak Resep dari Bos Great Giant Foods

Minggu, 02 Juli 2023 - 13:46 WIB
loading...
A A A
“Ini paling susah dijawab: apa bedanya kita dengan tetangga sebelah? Secara esensi produknya sama, lalu bedanya apa?” tukasnya.

Dia menegaskan, dalam membangun model bisnis, pengusaha tidak hanya menciptakan daya saing dan produk berkualitas, melainkan juga diferensiasi.

Tommy menyontohkan produk cold pressed juice ReJuve milik GGF dipastikan berbeda dan bisa menang dari para pesaing yang bermunculan karena buah nanas menjadi komponen bahan dasar yang utama, di mana GGF sendiri diketahui memiliki perkebunan nanas dan menjadi produsen serta eksportir terbesar nanas kalengan.



Kemudian, dia menyebutkan elemen kunci keempat dan kelima adalah operasional bisnis serta sumber daya manusia (SDM) dan budaya organisasi.

“Untuk elemen kunci keempat dan kelima ini kita bisa kelola bisnis kita berdasarkan poin kedua dan ketiga tadi. Sederhana tapi susah diterapkan,” ujarnya.

Selamatkan Perusahaan dengan Jurus Transformasi"Ketok Magic"

Sebelum menjabat pucuk pimpinan di GGF, Tommy diketahui memiliki jam terbang cukup lama sebagai VP termuda dari Unilever Asia Pasifik, Senior Vice President divisi Brand & Consumer Acquisition PT XL Axiata, CEO divisi Consumer Group and Distribution PT Sinarmas, dan CEO dari PT Sreeya.

Meski begitu, dia harus bekerja ekstra keras untuk mendapatkan semua jabatan tinggi tersebut. Saat masih muda, pria asal Surabaya ini selalu kesulitan mendapatkan nilai yang bagus di sekolah, dan juga pernah dikirim ke sekolah asrama supaya lebih disiplin.

Tommy pun menyadari pentingnya rajin belajar saat duduk di bangku kelas 2 SMA, dan akhirnya dia berhasil menjadi mahasiswa Swinburne University of Technology, Melbourne, Australia.

Lantaran keterbatasan finansial, dia terpaksa membagi waktu antara kuliah dan pekerjaan paruh waktu sebagai janitor, pelayan restoran, dan juru masak demi memenuhi kebutuhan di luar negeri.

Namun, usaha Tommy yang dimulai dari bawah justru mengajarkannya bahwa sifat rendah hati, gigih, dan mudah bergaul adalah modal penting di dunia kerja, bahkan saat sudah menjadi pemimpin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1840 seconds (0.1#10.140)