10 Kereta Tercepat di Dunia, Salah Satunya Ada di Kota Suci

Senin, 10 Juli 2023 - 09:33 WIB
loading...
10 Kereta Tercepat di Dunia, Salah Satunya Ada di Kota Suci
Mengantar penumpang antar pusat kota dengan kecepatan di atas 180 mph, kereta cepat menawarkan kombinasi kecepatan dan kenyamanan yang menarik. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kereta api berkecepatan tinggi menjadi alternatif transportasi paling efektif dan sudah menginspirasi banyak pelancong untuk mengurangi ketergantungan mereka pada maskapai penerbangan. Mengantar penumpang antar pusat kota dengan kecepatan di atas 180 mph, kereta cepat menawarkan kombinasi kecepatan dan kenyamanan yang menarik.



Ratusan miliar dolar telah diinvestasikan dalam proyek kereta api berkecepatan tinggi dan berkapasitas tinggi di seluruh Eropa dan Asia sejak tahun 1980-an. Era kereta cepat dipelopori oleh Shinkansen Jepang dan Train a Grand Vitesse (TGV) di Prancis.



Dalam satu dekade terakhir, China telah menjadi pemimpin dunia yang tak terbantahkan soal kereta cepat. China membangun jaringan kereta api baru sepanjang 38.000 kilometer yang menjangkau hampir setiap sudut negara.

Sementara itu Spanyol, Jerman, Italia, Belgia dan Inggris juga memperluas jaringan Eropa, dimana dengan negara-negara lain diperkirakan bakal menyusul pada tahun 2030-an. Berikut daftar 10 kereta tercepat yang ada di dunia saat ini.

1. Shanghai Maglev - 460 kph/286 mph (China)

Kereta cepat menggunakan levitasi magnetik (Maglev) daripada roda baja konvensional di rel baja. Menghubungkan bandara Pudong Shanghai dengan stasiun Longyang Road di pusat kota, kereta Shanghai Maglev memiliki kecepatan komersial maksimum mencapai 460 kilometer per jam.

Shanghai Maglev mampu melibas jarak 30 kilometer (19 mil) hanya dalam tujuh setengah menit. Berdasarkan teknologi Jerman, magnet yang kuat membuat perjalanan dengan kereta Maglev bagai terbang dengan halus dan bebas gesekan.

10 Kereta Tercepat di Dunia, Salah Satunya Ada di Kota Suci


Dengan pengalaman mengoperasikan selama lebih dari satu dekade, China kini telah mengembangkan kereta Maglev 600 kph (373 mph). Ditambah ada rencana ambisius untuk memperluas jaringan Maglev, termasuk jalur antara Shanghai dan Hangzhou.

2. CR400 ‘Fuxing’ – 350 kph/217 mph (China)

Selain punya jalur kereta cepat terpanjang di dunia, China juga mempunyai kereta paling cepat. Kereta CR400 "Fuxing" bisa melaju dengan kecepatan maksimum 350 kpj (217 mph), namun saat pengujian sempat menyentuh 420 kpj (260 mph).

10 Kereta Tercepat di Dunia, Salah Satunya Ada di Kota Suci


Kereta Fuxing terus dikembangkan dari generasi kereta berkecepatan tinggi sebelumnya, yang didasarkan pada teknologi impor dari Eropa dan Jepang. Membawa hingga 16 gerbong dengan kapasitas maksimum 1.200 penumpang, kereta Fuxing dikemas dengan fitur-fitur terkini.

Bahkan ada yang dirancang untuk kondisi cuaca ekstrem dan operasi otonom untuk menjadi satu-satunya kereta otomatis berkecepatan tinggi di dunia. Varian CR400 tercepat saat ini digunakan pada rute utama Beijing-Shanghai-Hong Kong dan Beijing-Harbin.

3. ICE3 – 330 kph/205 mph (Jerman)

Brand InterCity Express (ICE) Jerman sangat terkenal di dunia dan telah dipakai untuk berbagai rute. Namun yang tercepat yakni "White Worm" dengan kemampuan 330 kph (205 mph) ICE3 dan telah ada sejak tahun 1999.

Kereta dengan mesin ramping ini dibangun untuk jalur berkecepatan tinggi Cologne-Frankfurt sepanjang 180 kilometer (110 mil). Kereta ICE3 mampu memangkasa waktu perjalanan antara kedua kota dari 2 jam 30 menit menjadi hanya 62 menit sejak tahun 2002.

10 Kereta Tercepat di Dunia, Salah Satunya Ada di Kota Suci


Kecepatan normal kereta ini adalah 300 kpj (186 mph), tetapi ICE3 diizinkan untuk mendorong hingga 330 kpj saat kondisi tertentu. Kemampuan maksimum kereta ini bisa mencapai kecepatan 368 kph (229 mph) yang dicapai saat uji coba.

Kunci kinerja ICE3 adalah 16 motor listrik yang didistribusikan di seluruh kereta delapan gerbong, yang menghasilkan 11.000 tenaga kuda. Armada ICE3 beroperasi tepat di seluruh Jerman dan mencakup kereta api untuk rute internasional, menghubungkan kota-kota besar Jerman dengan Paris, Amsterdam dan Brussels.

Desain kereta ICE3 juga menjadi pondasi kereta berkecepatan tinggi Siemens "Velaro", yang telah dijual ke Spanyol, Rusia, Turki, China dan Eurostar sebagai kereta internasional generasi kedua.

4. TGV - 320 kph/198.5 mph (Prancis)

Prancis telah cukup lama memegang rekor kereta konvensional dengan kecepatan tertinggi di dunia, yang bisa mencapai 574,8 kph (357 mph) pada 3 April 2007, silam. Dengan kecepatan 150 meter per detik, angka itu hampir dua kali lipat dari layanan Train a Grand Vitesse (TGV), yang diakui di seluruh dunia sebagai pelopor teknologi kereta api berkecepatan tinggi.

Jaringan berkecepatan tinggi ini menjadi yang pertama di Eropa dan masih yang paling terkenal serta paling sukses, menjangkau melampaui perbatasan Prancis. Industri kereta api Prancis menembus batas-batas kereta konvensional sejak Perang Dunia II, yakni memecahkan rekor yang ada pada tahun 1955 (331 kph), 1981 (380 kph) dan 1990 (515,3 kph).

10 Kereta Tercepat di Dunia, Salah Satunya Ada di Kota Suci


Saat ini, jalur kereta cepat terbentang dari Paris ke Lyon, Marseille, Bordeaux, Nantes, Strasbourg, Lille, Brussels dan London dengan kereta berjalan hingga 320 kilometer per jam di beberapa rute. Selama 40 tahun terakhir, kereta berevolusi melalui beberapa generasi seiring jaringannya yang juga telah berkembang.

TGV oranye ikonik tahun 1980-an telah memberi jalan bagi kereta "Duplex" berkapasitas tinggi yang lebih canggih yang mampu bekerja ke negara-negara tetangga termasuk Jerman, Swiss, dan Spanyol. Kereta double-deck TGV-M generasi terbaru sedang diuji saat dan akan mulai diluncurkan pada tahun 2024.

Kereta api berkecepatan tinggi juga berkontribusi terhadap ekspor Prancis, dengan teknologi TGV dijual ke Spanyol, Korea Selatan, Taiwan, Maroko, Italia dan Amerika Serikat selama 30 tahun terakhir.

5. JR East E5 - 320 kph/200 mph (Jepang)

Jepang memperkenalkan dunia pada konsep kereta api berkecepatan tinggi pada tahun 1964 dan terus menjadi pemimpin global, mendorong batas-batas kecepatan, kapasitas, dan keselamatan di jalur Shinkansen-nya.

Saat ini sebagian besar Shinkansen beroperasi pada kecepatan maksimum 300 kph (186 mph), namun E5 "Bullet Trains" dari Japan Railways East (JR East) bisa melaju hingga 320 kph (200 mph) di Tohoku Shinkansen, yang membentang ke utara dari Tokyo ke Shin-Aomori.

Setiap kereta memiliki 731 kursi dan 32 motor induksi listrik yang menghasilkan 12.900 tenaga kuda. Dibangun dari paduan aluminium ringan, E5s memiliki "suspensi aktif," yang memungkinkan mereka untuk berbelok pada kecepatan yang lebih tinggi.

10 Kereta Tercepat di Dunia, Salah Satunya Ada di Kota Suci


Moncong kereta atau bagian depan yang panjang dirancang untuk meredam ledakan sonik yang tercipta ketika kereta memasuki terowongan dengan kecepatan tinggi.

Diperkenalkan pada tahun 2011, 59 kereta dibangun dan sejak 2016 juga telah digunakan di utara Aomori, Hokkaido Shinkansen, yang terhubung ke pulau utama Jepang Honshu oleh Terowongan Seikan bawah laut sepanjang 54 kilometer (33,5 mil) di bawah Selat Tsugaru.

6. 'Al Boraq' - 320 kph/198.5 mph (Maroko)

Kereta api berkecepatan tinggi pertama di Afrika dan sejauh ini masih menjadi satu-satunya dibuka pada November 2018. Kereta Al Boraq menghubungkan kota pelabuhan Tangier dengan Casablanca di Maroko.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0619 seconds (0.1#10.140)