Siap-siap! Hadapi Lonjakan Harga Pangan Global Imbas Kebijakan India dan Rusia

Jum'at, 21 Juli 2023 - 08:47 WIB
loading...
Siap-siap! Hadapi Lonjakan Harga Pangan Global Imbas Kebijakan India dan Rusia
Pasokan pangan dunia saat ini di bawah tekanan, usai Rusia menarik diri dari kesepakatan laut hitam dan di sisi lain India sebagai pengekspor beras terbesar dunia, menerapkan larangan ekspor beras putih non-basmati. Foto/Dok
A A A
NEW DELHI - India menerapkan kebijakan larangan ekspor beras putih non-basmati dalam upaya untuk meredam lonjakan harga domestik yang membayangi. Hujan lebat telah merusak tanaman di negara itu dan harga beras meningkat lebih dari 11% selama 12 bulan terakhir.



Beras non-basmati saat ini menyumbang sekitar seperempat dari ekspor beras India, seperti disampaikan oleh Kementerian Urusan Konsumen saat mengumumkan perubahan kebijakan. Sementara para ahli memperingatkan langkah India itu dapat mendorong harga pangan global lebih tinggi.

"Cukup adil untuk mengatakan, hal ini akan berdampak cukup besar pada harga pangan global," kata Kepala Analisis Investasi dan Penelitian di Hargreaves Lansdown, Emma Wall dilansir BBC, Jumat (21/7/2023).



Pasokan pangan saat ini di bawah tekanan, usai Rusia menarik diri dari kesepakatan yang menjamin perjalanan yang aman dari biji-bijian Ukraina, termasuk gandum. Di sisi lain India adalah pengekspor beras terbesar di dunia, setara lebih dari 40% dari pengiriman global.

Beras non-basmati terutama diekspor ke negara-negara di Asia dan Afrika. Tahun lalu, pemerintah India memberlakukan pajak ekspor 20% untuk mencoba mencegah penjualan ke luar negeri. Kebijakan tersebut juga membatasi pengiriman gandum dan gula.

Tetapi ekspor menjadi pilihan karena bisa lebih menguntungkan bagi petani India daripada menjual di dalam negeri. Sementara itu, Pemerintah mengatakan, para petani masih akan dapat mengekspor jenis beras lain, termasuk basmati gandum panjang, untuk memastikan mereka "mendapatkan manfaat dari harga yang menguntungkan di pasar internasional".

"Negara juga akan mempertimbangkan permintaan agar mengizinkan pengiriman ke negara lain berdasarkan kebutuhan ketahanan pangan," kata Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri.

Invasi Rusia ke Ukraina tahun lalu, telah menyebabkan harga pangan global melonjak. Ketika tekanan-tekanan itu sedikit mereda di tingkat internasional, cuaca buruk menerpa India dan telah merusak tanaman di banyak negara bagian utara, mendorong biaya untuk banyak barang - termasuk tomat dan bawang - yang meningkat tajam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1805 seconds (0.1#10.140)