40 Negara dengan Tingkat Kemiskinan Tertinggi di Dunia, Ada Tetangga Indonesia

Senin, 31 Juli 2023 - 13:26 WIB
loading...
A A A
Haiti diterpa kemiskinan yang parah, dengan lebih dari 29% penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan. Bencana alam, ketidakstabilan politik, dan terbatasnya akses pendidikan membuat pengentasan kemiskinan semakin sulit. Malnutrisi kronis dan perawatan kesehatan yang tidak memadai adalah manifestasi nyata dari kenyataan ini.

25. Kenya

Penghasilan di bawah USD2,15
Tingkat Kemiskinan: 29,4%

Meskipun ada langkah signifikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, kemiskinan tetap menjadi kenyataan nyata di Kenya. Saat ini, sekitar 29,4% orang Kenya hidup di bawah garis kemiskinan dan menghadapi tantangan terus-menerus seperti pengangguran, buta huruf, dan kesenjangan regional.

Selain itu, akses yang tidak memadai ke layanan dasar menjebak banyak orang dalam siklus kemiskinan antargenerasi.

24. Burkina Faso

Pendapatan di bawah USD2,15
Tingkat Kemiskinan: 30,5%

PDB Burkina Faso di tahun 2023 mencapai USD21.067 miliar, dan tingkat kemiskinan tembus 30,5%. Pertanian subsisten adalah sumber pendapatan utama bagi banyak orang, tetapi karena sangat bergantung pada pola curah hujan yang tidak dapat diprediksi, membuat potensinya terbatas. Lokasi negara yang terkurung daratan juga menghambat pembangunan ekonomi.

23. Nigeria

Pendapatan di bawah USD2,15
Tingkat Kemiskinan: 30,8%

Nigeria memiliki PDB tertinggi di antara negara-negara Afrika sub-Sahara, dimana saat ini mencapai USD506 miliar. Tetapi karena populasi di negara itu juga mencapai 213 juta, ada juga kemiskinan yang menjulang.

Kebutuhan pembukaan lapangan kerja serta insentif yang besar telah menguras sumber dayanya. Meskipun banyak anak muda Nigeria meningkatkan keterampilan, dengan banyak yang bekerja dari jarak jauh dalam pekerjaan TI global, masih ada jalan panjang untuk mengakhiri tekanan ekonomi di negara itu.

22. Chad

Penghasilan di bawah USD2,15
Tingkat kemiskinan: 30,9%

Saat ini tingkat kemiskinan di Chad sangat tinggi, dimana PDB Chad yakni USD11,962 miliar. Salah urus dan korupsi adalah penyebab utama di balik perjuangan negara dalam menghapus kemiskinan. Chad juga memiliki persentase pertumbuhan penduduk yang padat yang membuat alokasi sumber daya yang adil semakin menantang bagi pemerintah.

21. Angola

Penghasilan di bawah USD2,15
Tingkat Kemiskinan: 31,1%

Rekonstruksi pasca-perang saudara, urbanisasi yang cepat, dan ekonomi yang fokus pada minyak belum menguntungkan bagi semua orang di Angola. Pada tahun 2023, lebih dari 31% populasi masih hidup di bawah garis kemiskinan, hingga bergulat dengan kerawanan pangan.

Sementara upaya untuk mendiversifikasi ekonomi dan meningkatkan sistem perlindungan sosial sedang berlangsung, kesenjangan tetap ada, sering didorong oleh kekeringan yang disebabkan perubahan iklim.

20. Lesotho

Pendapatan di bawah USD2,15
Tingkat Kemiskinan: 32,4%

Lesotho adalah negara Afrika kecil terkurung daratan, yang menghadapi tantangan kemiskinan signifikan. Ketergantungan ekonomi negara itu pada pertanian dan pengiriman uang dari pekerja di Afrika Selatan membuatnya rentan terhadap perubahan iklim dan guncangan eksternal.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3235 seconds (0.1#10.140)