40 Negara dengan Tingkat Kemiskinan Tertinggi di Dunia, Ada Tetangga Indonesia

Senin, 31 Juli 2023 - 13:26 WIB
loading...
A A A
Pada 2023, hampir setengah dari populasi negara itu hidup di bawah garis kemiskinan nasional. Infrastruktur dan pengangguran menjadi masalah utama di negara ini. Selain itu, ketidaksetaraan gender membatasi partisipasi ekonomi perempuan, yang semakin memperdalam kemiskinan.

11. Nigeria

Penghasilan Di bawah USD2,15
Tingkat Kemiskinan: 50,6%

Niger adalah salah satu negara dengan tingkat kemiskinan tertinggi. Kemiskinan di Niger dipengaruhi oleh terbatasnya lahan pertanian, kekurangan air, dan pengelolaan sumber daya yang buruk.

Saat ini, PDB Nigeria tercatat sebesar USD16,617 miliar, namun setengah dari populasinya hidup dalam kemiskinan. Angka buta huruf di negara ini juga meluas, membuat terbatasnya tenaga kerja terampil di negara ini.

10. Malawi

Penghasilan Di bawah USD2,15
Tingkat kemiskinan: 50,7%

Tidak ada perubahan besar dalam statistik kemiskinan di Malawi selama satu dekade terakhir. Kekeringan hingga cuaca ekstrem sangat mempengaruhi perekonomian negara, akhirnya membuat penduduk rawan pangan.

PDB Malawi saat ini mencapai USD11,277 miliar. Menjaga ketahanan pangan menjadi pekerjaan berat, pemerintah dibiarkan dengan sumber daya terbatas untuk berinvestasi dalam mendidik dan memberdayakan masyarakat.

9. Rwanda

Di bawah USD2,15
Tingkat Kemiskinan: 52%

PDB Rwanda telah mengalami lonjakan USD4 miliar dalam 5 tahun, tetapi hal itu tidak cukup untuk mengalahkan ancaman kemiskinan yang menjulang. Tidak seperti beberapa negara Afrika lainnya, Rwanda tidak diberkati dengan sumber daya alam dan membuatnya terus memerangi kemiskinan. Tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi di negara ini juga menjadi salah satu pendorong kemiskinan.

8. Guatemala

Di bawah USD2,15
Tingkat Kemiskinan: 54%

Negara lain dalam daftar negara dengan tingkat kemiskinan tertinggi adalah Guatemala. Negara ini memiliki tingkat kemiskinan yang tinggi menurut Bank Dunia, dimana saat ini berjumlah 54%. PDB Guatemala yakni USD85,99 miliar dengan populasi penduduk hampir 18 juta.

Reformasi kebijakan yang komprehensif, bersama dengan investasi di bidang pendidikan dan infrastruktur, sangat penting untuk memutus siklus kemiskinan Guatemala.

7. Zambia

Di bawah USD2.15
Tingkat Kemiskinan: 61.4%

Menurut Bank Dunia, tingkat kemiskinan Zambia saat ini mencapai 61,4% karena diversifikasi ekonomi yang terbatas di negara itu. PDB negara itu tercatat sebesar USD29.272 miliar pada tahun 2023.

6. Republik Demokratik Kongo

Di bawah USD2,15
Tingkat Kemiskinan: 62%

Republik Demokratik Kongo memiliki kemiskinan yang mencolok, di mana 62% penduduknya hidup dengan pendapatan kurang dari USD2,15 setiap harinya. Lonjakan kesenjangan telah menghambat pembangunan manusia, menghalangi akses terhadap kebutuhan dasar, dan melanggengkan kemiskinan.

5. Mozambik

Di bawah USD2,15 dengan Tingkat Kemiskinan: 64,6%
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1882 seconds (0.1#10.140)