Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Realisasi Program PTSL di Kaltim Capai 75%

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 14:12 WIB
loading...
Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Realisasi Program PTSL di Kaltim Capai 75%
Kementerian ATR/BPN melaporkan realisasi program PTSL di Kaltim. FOTO/Antara Photo
A A A
KUTAI KARTANEGARA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto mengungkapkan progres pembagian sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), di Kalimantan Timur (Kaltim) sudah berjalan 75% dari 2,2 juta bidang tanah.

Hal itu diungkapkan saat kunjungan kerja di Kelurahan Jahab, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, Jumat (4/8/2023).

"Saya membagikan beberapa sertifikat PTSL dari target 2,2 juta bidang dan yang sudah selesai kurang lebih 75% tinggal sekian persen," ungkapnya.



Dia mengatakan percepatan program PTSL untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Memalui program ini mampu menyumbang pertumbuhan ekonomi di Kaltim mencapai Rp25 tiliun dalam periode 2017 sampai 2023.

Sebab itu, Kementerian ATR/BPN terus mendorong pembagian PTSL secara menyeluruh di Kaltim sampai dengan tahun 2024.

"Program PTSL yang bisa kita realisasikan 126 juta bidang yang terdaftar dan kemudian sertipikatnya diharapkan mendekati dari jumlah itu," ucap Hadi.

"Kita lihat saat ini saja yang terdaftar baru 105,2 juta bidang. Kita mendapatkan dampak ekonomi begitu besar kalau seluruh Indonesia ada Rp5.574 triliun dari PTSL. Oleh sebab itu terus kita kejar," imbuhnya.



Dia meminta jajarannya terus mengejar target program PTSL. Selain itu, redistribusi tanah dari tanah-tanah terlantar juga menjadi perhatian penting agar ekonomi masyarakat terus meningkat.

"Itu lah perlunya saya tutun ke lapangan, melihat langsung untuk tahu permasalahan dan bisa kita putuskan secara bersama-sama dan tentunya pentingnya sinergi kolaborasi dengan lembaga dan kementerian lainnya," pungkas Hadi.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2750 seconds (0.1#10.140)