Rusia Terus Dihantam Sanksi Barat, Bank BRICS Masuki Masa Sulit

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 14:40 WIB
loading...
Rusia Terus Dihantam Sanksi Barat, Bank BRICS Masuki Masa Sulit
Tertatih-tatih oleh dampak sanksi terhadap pemegang saham Rusia sebagai pendiri, membuat New Development Bank (NDB) memasuki masa sulit. Foto/Dok Reuters
A A A
JOHANNESBURG - Tertatih-tatih oleh dampak sanksi terhadap pemegang saham Rusia sebagai pendiri, New Development Bank (NDB) yang dibentuk oleh negara-negara BRICS dinilai perlu meningkatkan penggalangan dana dan pinjaman dengan mata uang lokal.



Hal itu disampaikan oleh Menteri Keuangan Afrika Selatan, Enoch Godongwana kepada Reuters. Afrika Selatan dijadwalkan menjadi tuan rumah bagi para pemimpin negara-negara BRICS lainnya – Brasil, Rusia, India dan China –, ketika blok ekonomi negara berkembang itu ingin memperluas pengaruhnya pada pertemuan puncak di Johannesburg akhir bulan ini.



Menteri Keuangan Enoch Godongwana mengatakan, meningkatkan penggunaan mata uang lokal di antara anggota NDB juga akan menjadi agenda, dengan tujuan mengurangi risiko dampak fluktuasi valuta asing daripada de-dolarisasi.

Greenback telah menguat terhadap mata uang pasar negara berkembang sejak Rusia menginvasi Ukraina dan Federal Reserve mulai menaikkan suku bunga untuk melawan inflasi pada awal 2022, membuat utang dolar lebih mahal bagi banyak negara, termasuk anggota BRICS.

"Sebagian besar negara yang menjadi anggota NDB telah mendorongnya untuk memberikan pinjaman dalam mata uang lokal," kata Godongwana.

Didirikan pada tahun 2015 sebagai proyek keuangan unggulan blok tersebut, ambisi New Development Bank untuk melayani negara-negara berkembang dan mengurangi dolarisasi keuangan telah dibatasi oleh realitas ekonomi dan invasi Moskow ke Ukraina.

"Kita tidak melakukan sebanyak yang dibutuhkan negara-negara anggota, tetapi itu adalah arah strategis yang kami dorong bank," kata Godongwana dalam sebuah wawancara telepon pekan lalu.

Meningkatkan penggalangan dana mata uang lokal dan meningkatkan modal dari anggota baru dapat membantu NDB di masa-masa sulit, mengurangi ketergantungannya pada pasar modal AS di mana sanksi terhadap Rusia telah menaikkan biaya pinjamannya, kata para analis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1057 seconds (0.1#10.140)