Digital Center Bakal Dukung Batam Jadi Pusat Bisnis Terdepan

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 21:14 WIB
loading...
Digital Center Bakal Dukung Batam Jadi Pusat Bisnis Terdepan
Batam terus mempersiapkan diri menjadi pusat bisnis terdepan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Sebagai penghubung antar-pulau dan antar-negara, Batam merupakan salah satu kota bisnis tersibuk di Barat Indonesia. Selain posisi geografisnya yang strategis, Batam sangat tepat menjadi pusat ekosistem digital baru, karena sudah memiliki infrastruktur pendukung yang lengkap, seperti bandara, pelabuhan, listrik, broadband, dan perguruan tinggi berkualitas.



Batam juga sudah lama menjadi pusat peradaban pulau-pulau di sekitarnya yang sangat menentukan kemajuan teknologi dan masa depan generasi Batam. Tidak heran sentra-sentra bisnis di Batam tumbuh seperti di wilayah-wilayah industri lainnya di Indonesia.

Berdasarkan semua fakta itu, Digital Center Batam kini mulai beroperasi Agustus ini. Setelah sebelumnya hadir di wilayah Jakarta, Bali, Surabaya dan Bandung, Batam menjadi kota kelima kehadiran Digital Center.

"Banyak Harapan yang kami letakkan di tanah Melayu untuk menjadikan Batam sebagai The Center of Heart” kata Brenda Regina Hansen, President Director of Board Digital Center Batam, dalam keterangannya, Sabtu (12/8/2023).

Menurut Brenda, jika selama ini kebutuhan sumberdaya digital lebih banyak didatangkan dari Pulau Jawa, kini Digital Center Batam siap mencetak talenta-talenta digital dengan bimbingan tenaga ahli berpengalaman. Digital Center Batam akan fokus pada program–program digital yang paling dibutuhkan dunia bisnis, di antaranya teknologi blockchain dan robotic process automation.

Digital Center Bakal Dukung Batam Jadi Pusat Bisnis Terdepan

Kegiatan yang menandai kehadiran Digital Center Batam. Foto/Ist

Teknologi blockchain adalah mekanisme basis data lanjutan yang memungkinkan berbagi informasi secara transparan dalam jaringan bisnis. Basis data blockchain menyimpan data dalam blok yang dihubungkan bersama dalam sebuah rantai.

Sementara Robotic Process Automation (RPA adalah teknologi yang memungkinkan perangkat lunak komputer meniru tindakan yang biasanya dilakukan manusia yang berinteraksi dengan sistem digital untuk melakukan tugas dan proses bisnis yang sederhana dan berulang.

"Kedua teknologi tersebut diprediksi akan menjadi salah satu teknologi unggulan yang dibutuhkan dunis bisnis di masa mendatang," tambah Brenda.



Dengan program yang sistematis, update serta didukung tenaga ahli berpengalaman, Digital Center Batam yakin dapat mendukung terpenuhi kebutuhan talenta digital dan membuka lebih banyak peluang kerja di Batam dan sekitarnya serta menjadi katalis perubahan menuju era masyarakat digital Indonesia.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2400 seconds (0.1#10.140)