Dedolarisasi Kian Nyata, Ini Mata Uang Calon Pengganti Dolar AS

Rabu, 30 Agustus 2023 - 18:01 WIB
loading...
A A A


Selain mengalihkan cadangan devisa mereka ke emas atau mata uang lainnya, negara-negara mengurangi ketergantungan mereka pada dolar dengan menghindari mata uang AS dalam transaksi internasional mereka. Contohnya, China telah membayar pembelian komoditas besar-besaran dari Rusia dengan menggunakan renminbi dan bukannya dolar, dan China juga telah menandatangani kesepakatan untuk menggunakan mata uangnya sendiri dalam perdagangan dengan Arab Saudi dan Brasil.

Spekulasi telah muncul bahwa negara-negara BRICS mungkin akan menciptakan mata uang yang dapat menyaingi dolar untuk mendominasi dunia, meskipun tampaknya kelompok ini tidak memiliki rencana segera untuk mata uang bersama. Meskipun begitu, momok dedolarisasi bisa jadi akan semakin besar karena semakin banyak negara yang mempertanyakan ketergantungan mereka pada mata uang AS.

Apa itu arti dedolarisasi?

Dedolarisasi melibatkan perpindahan dari dolar AS sebagai mata uang cadangan atau mencari cara untuk menghindari dolar ketika melakukan bisnis internasional. Contohnya adalah bank sentral mengalihkan cadangan devisanya ke mata uang lain atau negara yang melakukan perdagangan internasional dalam mata uang mereka sendiri daripada mengandalkan dolar sebagai perantara.

Bagaimana cara kerja dedolarisasi?

Negara-negara dapat mengurangi ketergantungan mereka pada dolar dengan beberapa cara. Bank sentral dapat menyimpan cadangan dalam bentuk emas atau mata uang lain daripada dalam dolar, sementara negara-negara juga dapat membuat perjanjian untuk menghindari penggunaan dolar saat menyelesaikan transaksi internasional.

Apa saja konsekuensi dari dedolarisasi?

Terlepas dari reaksi yang menentangnya, dolar tetap menjadi mata uang cadangan yang paling banyak digunakan di dunia. Oleh karena itu, sulit untuk berspekulasi mengenai konsekuensi potensial dari ekonomi dunia yang mengalami de-dolarisasi secara substansial. Pertama-tama, AS akan kehilangan keuntungan yang didapat dari penggunaan dolar sebagai mata uang cadangan dunia.

Apa saja manfaat dedolarisasi?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1231 seconds (0.1#10.140)