Dedolarisasi Kian Nyata, Ini Mata Uang Calon Pengganti Dolar AS

Rabu, 30 Agustus 2023 - 18:01 WIB
loading...
Dedolarisasi Kian Nyata, Ini Mata Uang Calon Pengganti Dolar AS
Dedolarisasi menggambarkan proses beralih dari ketergantungan dunia pada dolar AS (USD) sebagai mata uang cadangan utama. FOTO/Orfoonline
A A A
JAKARTA - Dedolarisasi menggambarkan proses beralih dari ketergantungan dunia pada dolar AS (USD) sebagai mata uang cadangan utama. Dolar tetap menjadi mata uang cadangan utama dan alat transaksi bisnis internasional sejak Amerika Serikat (AS) muncul sebagai kekuatan ekonomi terbesar dunia setelah Perang Dunia II. Namun, sering muncul pertanyaan apakah dolar AS dapat mempertahankan kepemimpinannya.

Meskipun greenback tidak mungkin kehilangan relevansinya dalam waktu dekat, ada baiknya kita melihat potensi tren dedolarisasi dan mempertimbangkan apa arti penurunan dominasi dolar bagi sistem keuangan global.

Apa yang dimaksud dengan Dedolarisasi?

Selama lebih dari satu abad, dolar AS telah menikmati keuntungan sebagai mata uang cadangan utama dunia, yang dipegang oleh bank-bank sentral di seluruh dunia untuk menyimpan nilai dan melakukan bisnis internasional.
Menurut data dari Dana Moneter Internasional (IMF), USD menyumbang 59% dari cadangan mata uang yang dialokasikan pada kuartal pertama tahun 2023, jauh di atas euro yang hanya di bawah 20% dan yen Jepang sekitar 5%.



Meskipun tidak diragukan lagi bahwa dolar tetap berada di puncak, pangsa dolar dalam cadangan mata uang yang dialokasikan telah menurun selama beberapa dekade terakhir, turun dari lebih dari 70% pada tahun 2001. Penurunan ini membuat beberapa ahli mempertanyakan apakah kita mungkin sedang mengalami dedolarisasi, yaitu penurunan ketergantungan dunia pada dolar sebagai mata uang cadangan utama.

Bagaimana dedolarisasi bekerja?

Negara-negara yang ingin mengurangi pengaruh dolar terhadap perekonomian mereka dapat menggunakan berbagai pendekatan. Untuk melepaskan diri dari bayang-bayang dolar, bank sentral membutuhkan mata uang cadangan alternatif yang masih memungkinkan mereka untuk menopang sistem keuangan lokal dan berpartisipasi dalam perdagangan internasional.

Mata uang apa saja, yang cocok untuk disimpan oleh bank sentral sebagai cadangan resmi? mata uang alternatif tradisional yang dapat menggantikan dolar AS antara lain, renminbi, euro, yen, dan poundsterling. Namun, seperti yang dicatat oleh IMF, mata uang-mata uang tersebut belum meningkatkan porsi alokasi cadangan devisa secara proporsional dengan penurunan nilai tukar dolar.

Mengutip Investopedia, China sebagai negara utama pendorong dedolarisasi, dengan tujuan untuk memposisikan renminbi sebagai mata uang cadangan. Meskipun bank-bank sentral telah meningkatkan kepemilikan renminbi mereka, pangsa mata uang ini dalam cadangan global tetap hanya di bawah 2,5%.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2413 seconds (0.1#10.140)