3 Presiden Termiskin di Dunia, Ada yang 90 Persen Gajinya Disumbangkan

Senin, 25 September 2023 - 16:34 WIB
loading...
A A A
George Bizos, teman lama Mandela dan pengacaranya, mengatakan, "Jika ada yang mengatakan bahwa Nelson adalah seorang multi-jutawan, mereka salah. Dia bukan orang kaya. Penghasilannya secara teknis nihil, sebab dia selalu bersikeras bahwa uang yang diberikan padanya harus digunakan untuk membangun sekolah dan rumah sakit,” ujarnya.

2. Fidel Castro

3 Presiden Termiskin di Dunia, Ada yang 90 Persen Gajinya Disumbangkan


Fidel Castro dikenal sebagai Presiden Kuba yang dibenci oleh AS karena bentrok masa lalu. Bahkan menurut Al Jazeera, pemerintah AS menghabiskan lebih dari USD1 miliar untuk mencoba membunuh, melemahkan, atau memaksa Castro turun dari kekuasaan.

Meski begitu, Castro tetap berada di kursi pemimpin Kuba. Dia memimpin dari tahun 1978 hingga 2008. Kebencian AS ke Kuba saat itu membuat beberapa media memberitakan bahwa Castro merupakan presiden yang memiliki gaya hidup mewah dan kekayaan fantastis.



Namun sebaliknya, selama lima dekade, Castru justru berupaya mengubah negara kepulauan itu menjadi tempat yang setara dan berkeadilan sosial.

Bahkan, dirinya telah berhasil untuk menekan tingkat kematian bayi dan memperbaiki tingkat buta huruf di Kuba. Dalam perjuangan besar ini, dia hanyalah presiden sederhana yang tinggal dalam rumah yang tidaklah megah sama sekali.

Bahkan, gajinya saat itu sangatlah kecil, yakni hanya sebesar 900 peso Kuba, atau Rp350.000 saja. Ini tentunya sangat kecil bila dibandingkan dengan berbagai gaji presiden di seluruh dunia.

3. Jose Mujica

3 Presiden Termiskin di Dunia, Ada yang 90 Persen Gajinya Disumbangkan


Jose Mujica adalah presiden Uruguay yang menjabat dari tahun 2010 hingga 2015. Dia sangat terkenal akan kesederhanaannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3421 seconds (0.1#10.140)