Saat Ekonomi China Tidak Sehat, Apa yang Terjadi pada Dunia?

Senin, 02 Oktober 2023 - 14:11 WIB
loading...
A A A
Gema tahun 2008 telah membuat beberapa analis yang mencuatkan kekhawatiran soal merembetnya krisis keuangan. Semua itu termasuk skenario mimpi buruk krisis properti China yang menyebabkan efek besar terhadap ekonomi China, hingga memicu krisis keuangan di seluruh dunia.

Ada ketakutan dampak krisis properti China bisa seperti runtuhnya raksasa investasi Wall Street Lehman Brothers dan resesi global. Tapi, menurut Magnus, mereka tidak sepenuhnya akurat.

"Ini tidak akan menjadi kejutan sepertu Lehman," katanya.

"China tidak mungkin membiarkan bank-bank besar mereka bangkrut – dan mereka memiliki neraca yang lebih kuat daripada ribuan bank regional dan komunitas yang bangkrut di AS," sambungnya.

Elms setuju bahwa: "Pasar properti China tidak terkait dengan infrastruktur keuangan mereka dengan cara yang sama seperti hipotek subprime Amerika. Selain itu, sistem keuangan China tidak cukup dominan untuk memberikan dampak global langsung seperti yang kita lihat dari Amerika Serikat pada tahun 2008."

"Kami saling terhubung secara global," katanya.

"Ketika Anda memiliki salah satu mesin pertumbuhan besar yang tidak berfungsi, itu mempengaruhi kita semua, dan itu sering mempengaruhi kita semua dengan cara yang tidak diantisipasi," bebernya

"Namun tidak berarti saya pikir kita sedang menuju pengulangan seperti tahun 2008, tetapi intinya adalah bahwa apa yang kadang-kadang tampak lokal, kekhawatiran domestik dapat berdampak pada kita semua. Bahkan dengan cara yang tidak akan kita bayangkan."
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1216 seconds (0.1#10.140)