5 Mata Uang Paling Banyak Digunakan di Dunia, Nomor 1 Transaksi Hariannya Tembus Rp43.500 Triliun

Minggu, 08 Oktober 2023 - 10:05 WIB
loading...
A A A
Popularitas euro terutama ditentukan oleh skala dan pengaruh ekonomi di wilayah Eropa Saat ini terdapat 19 dari 28 negara anggota Uni Eropa yang diharuskan untuk bergabung tepat waktu berdasarkan kriteria Maastricht. Nilai euro sangat dipengaruhi oleh perkembangan politik dan ekonomi di kawasan tersebut.

3. Yen
Mata uang Jepang cukup mengagumkan lantaran menduduki posisi ketiga sebagai mata uang yang paling banyak digunakan di dunia. Yen menjadi cadangan sejumlah bank sentral di dunia dengan angka 5,5%. Di pasar keuangan global, volume rata-rata perdagangan harian yen USD554 miliar.

Secara PDB Jepang juga menduduki posisi ketiga dunia dengan angka USD4,23 triliiun. Di bawah AS dan China.

Nilai yen sangat bergantung pada kekuatan perekonomian Jepang, khususnya sektor manufaktur yang bertanggung jawab atas ekspor utama. Di antaranya kendaraan, elektronik, peralatan mesin, kapal, dan tekstil.

4. Poundsterling
Mata uang Inggris ini berada di posisi keempat sebagai mata uang paling banyak digunakan di dunia. Cadangan poundsterling di seluruh bank sentral dunia mencapai 4,9%. Di pasar keuangan nilai transaksi harian poundsterling hampir USD422 miliar.

Nilai pound sangat bergantung pada kinerja perekonomian Inggris, dengan data tingkat inflasi, kebijakan moneter Bank of England (BoE), PDB dan laporan ketenagakerjaan. Dalam beberapa tahun terakhir, nilainya juga dipengaruhi oleh perubahan hubungan Inggris dengan Eropa setelah menempuh langkah Brexit pada Juni 2016.

5. Yuan
Yuan menempati posisi ke-5 sebagai mata uang paling banyak digunakan di dunia. Mata uang China ini yang tersimpan di bank sentral di dunia sebesar 2,6%.

Namun di pasar keuangan, posisi Yuan berada di urutan delapan di bawah dolar Australia, Kanada, dan franc Swiss. Volume transaksi harian yuan hanya USD142 miliar. Jumlah itu kalah oleh dolar Australia yang mencapai USD223 miliar, dolar Kanada USD166 miliar, dan franc Swiss USD164 miliar.



Ternyata skala ekonomi China belum mampu mendongkrak penggunaan yuan di dunia. China merupakan negara dengan ekonomi terbesar kedua dunia, setelah AS, dengan PDB sebesar USD18 triliun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1566 seconds (0.1#10.140)