Kerahkan 300 Ribu Tentara Cadangan Lawan Pejuang Hamas Bikin Israel Tekor Rp106 Triliun

Rabu, 11 Oktober 2023 - 15:28 WIB
loading...
Kerahkan 300 Ribu Tentara Cadangan Lawan Pejuang Hamas Bikin Israel Tekor Rp106 Triliun
Salah satu serangan balasan Israel di wilayah Palestina. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Hingga saat ini biaya perang antara Israel dan pejuang Hamas diperkirakan mencapai setidaknya NIS 27 miliar atau USD6,8 miliar atau setara Rp106,7 triliun (kurs Rp15.700). Biaya itu kan akan terus membesar jika perang berlangsung lama.



Biaya itu memperhitungkan pemanggilan 300.000 tentara cadangan yang signifikan dan besar-besaran yang harus meninggalkan pekerjaan mereka. Mobilisasi terbesar sejak Perang Yom Kippur tahun 1973, ketika Israel memanggil 400.000 tentara cadangan.

“Sampai saat ini, sangat sulit untuk mengetahui bagaimana perang akan berkembang, apakah perang tersebut akan memicu serangan darat untuk menaklukkan sebagian Gaza yang akan memakan waktu berminggu-minggu, atau apakah sebuah serangan juga akan diluncurkan di utara dan bagaimana caranya,” kata kepala strategi Bank Hapoalim, Modi Shafrir, dikutip dari Timeofisrael, Rabu (11/10/2023).

“Saat ini dapat diasumsikan bahwa kerugian akibat perang saat ini akan berjumlah setidaknya 1,5% dari PDB, yang berarti peningkatan defisit anggaran setidaknya 1,5% dari PDB di masa mendatang," tamba Modi.

Proyeksi Bank Hapoalim--salah satu bank terbesar di Israel yang berdiri pada 1921--sebagian didasarkan pada biaya yang dikeluarkan selama perang yang dilakukan Israel sebelumnya. menurut Institute for National Security Studies biaya Perang Lebanon Kedua pada tahun 2006, yang berlangsung selama 34 hari, diperkirakan mencapai USD2,4 miliar atau 1,3% dari PDB. Biaya Operasi Cast Lead dari Desember 2008 hingga Januari 2009 diperkirakan mencapai USD835 juta.

Perang Israel di masa lalu, seperti Perang Lebanon Kedua pada tahun 2006, melumpuhkan sebagian wilayah negara tersebut karena serangan roket, namun tidak berlangsung lama hingga mematikan seluruh perekonomian. Setelah rudal berhenti dan pasukan cadangan kembali pulang, perekonomian negara pada periode pasca-perang berhasil bangkit kembali dan pulih dengan relatif cepat.

“Pengalaman masa lalu menunjukkan bahwa dampak perang terhadap PDB diperkirakan akan dirasakan terutama pada angka konsumsi swasta dan pariwisata, namun mobilisasi kekuatan cadangan yang sangat besar dan penilaian bahwa perang saat ini akan berlangsung berminggu-minggu, diperkirakan akan menimbulkan dampak yang lebih besar terhadap perekonomian Israel dibandingkan dengan putaran operasi tempur sebelumnya,” kata Shafrir.

Sejak serangan mendadak pejuang Hamas pada hari Sabtu, dan Israel kemudian menyatakan keadaan perang, saham dan obligasi lokal anjlok, dan banyak bisnis dan sekolah di negara tersebut tetap tutup. Maskapai penerbangan telah menghentikan sebagian besar penerbangan ke Tel Aviv.

Bank sentral Israel mengatakan minggu ini bahwa mereka akan menjual valuta asing hingga USD30 miliar untuk menopang shekel dan mencegah keruntuhannya. Meskipun ada pengumuman dari bank sentral, mata uang lokal telah melemah lebih dari 2% selama dua hari terakhir dan diperdagangkan sekitar NIS 3,95 per dolar AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3743 seconds (0.1#10.140)