Upaya Membawa Produk UMKM Lokal Tembus Pasar Global

Senin, 20 November 2023 - 16:55 WIB
loading...
A A A
Joanina menambahkan, program EKSPLORASI merupakan komitmen penuh dari pihaknya untuk membantu pelaku UMKM agar mampu bersaing di pasar global. Program EKSPLORASI diharapkan dapat menjadi batu loncatan tidak hanya bagi komunitas yang menaungi pelaku UMKM agar terus dapat memberikan kontribusi nyata dan dampak positif pada perekonomian Indonesia.

"Juga untuk para pelaku UMKM agar ke depannya lebih banyak lagi yang mendapatkan kesempatan besar seperti ini untuk memperluas akses pasar mereka ke negara-negara lainnya,” ujar Joanina.

Sementara itu, Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengatakan, pemerintah saat ini sangat konsen dengan UMKM karena di Indonesia saat ini menunjukkan kenaikan sangat signifikan dari semula ada 57 juta UMKM pada tahun 2019, sekarang bertambah jadi 65 juta. Produk produk UMKM punya daya serap 97%.

Selain itu UMKM juga membantu pemerintah dalam memecahkan persoalan tenaga kerja. Sebab ada 2,5 juta angkatan kerja tiap tahun.



"Saya senang dengar kegiatan Sahabat UMKM. Sebab UMKM adalah mitra strategis bagi pemerintah. Sahabat UMKM jadi sebuah lembaga yang berfungsi sebagai jembatan UMKM ke pasar di luar negeri, Jepang khususnya," tandas Moeldoko.

(uka)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1188 seconds (0.1#10.140)