Saat Ekonomi Israel Terancam Bangkrut, Kekayaan Kaum Miliarder Yahudi Capai Rp27.000 Triliun: Bisa Jadi Juru Selamat?

Minggu, 26 November 2023 - 15:23 WIB
loading...
A A A
Semua kondisi itu mencuatkan pandangan bahwa ekonomi Israel mengarah pada kebangkrutan. Indikasinya, enam kementerian Israel belum lama ini ditutup. Enam kementerian itu adalah Kementerian Urusan Diaspora, Kementerian Urusan Yerusalem, Kementerian Warisan Budaya, Kementerian Pemukiman dan Misi Nasional, Kementerian Kooperasi Regional, dan Kementerian Kesetaraan Sosial.⁣

Pertanyaannya apakah ekonomi Israel benar-benar bisa bangkrut? Apakah Israel akan kekeringan sumber duit untuk membiayai perang, atau bahkan ekonominya?

Harap dicatat, bahwa beberapa hari setelah operasi Badai Al Aqsa mengguncang Israel, sejumlah perusahaan global dengan lantang menyatakan akan memberikan donasi ke negara itu. Ada Meta, Google, Paramout, Disnes, dan masih banyak lagi. Perusahaan-perusahaan itu umumnya dimiliki oleh kaum Yahudi.

Tampaknya, jika kaum triliuner Yahudi harus menyokong ekonomi Israel, bukanlah perkara berat. Yahudi merupakan kaum yang memiliki triliuner paling banyak di dunia dan kekayaannya paling gede di kolong langit.

Forbes pada Fabruari lalu mengungkap, ada 267 orang Yahudi yang masuk dalam daftar orang terkaya di dunia. Mereka berasal dari berbagai negara dan juga bidang usaha.

Miliarder Yahudi "paling miskin" memiliki kekayaan USD1 miliar atau sekitar Rp15,5 triliun. Sedangkan yang paling tajir, kekayaannya menembus USD102,9 miliar atau Rp1.543,5 triliun.

Jika ditotal, harta kekayaan pengusaha Yahudi itu menembus USD1.802,85 miliar. Kalau dirupiahkan sekitar Rp27.000 triliun. Sekali lagi, jumlah itu mengacu pada data Forbes yang rilis di Februari, bukan real time billionaire list.

Kebanyakan orang kaya Yahudi itu didominasi warga Amerika Serikat. Dari 10 yang masuk daftar teratas, tujuh di antaranya bermukim di AS. Tiga orang lagi di Inggris dan Perancis.

Orang-orang super kaya Yahudi memiliki beberapa perusahaan global. Sebut saja, Larry Ellison yang merupakan pemilik Oracle dan mengantongi kekayaan sebesar USD102,9 miliar atau Rp1.543,5 triliun. Lalu ada Larry Page yang mendirikan Google dengan kekayaan USD85,2 miliar atau Rp1.278 triliun.

Nama-nama lain yang tak kalah mentereng dan menjadi pemilik perusahaan global adalah Michael Bloomberg, Michael Dell (Dell Technologies), dan Mark Zuckerberg (Facebook/Meta).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)