Buka Peluang Usaha, Wong Kito Dewe Latih Warga Olah Ikan Peda

Sabtu, 09 Desember 2023 - 08:30 WIB
loading...
Buka Peluang Usaha, Wong Kito Dewe Latih Warga Olah Ikan Peda
Wong Kito Dewe, menggelar pelatihan pembuatan dan pengolahan ikan peda untuk warga di Jirak Jaya, Musi Banyuasin, Sumsel. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pendukung Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang berjejaring dalam sukarelawan Wong Kito Dewe, menggelar pelatihan pembuatan dan pengolahan ikan peda untuk warga di Jirak Jaya, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel).

Dalam kegiatan itu, para peserta pelatihan diajarkan cara mengolah ikan peda hingga menjadi produk jualan. Mulai dari cara penyajian, bahan-bahan yang diperlukan, hingga metode packaging yang menarik.

Koordinator Daerah Wong Kito Dewe Musi Banyuasin Ahmad Nurhadi mengatakan, pelatihan ditujukan untuk meningkatkan keterampilan warga khususnya ibu rumah tangga dalam mengolah ikan peda agar bernilai ekonomis.

Pasalnya, ikan asin peda merupakan salah satu makanan olahan khas di Kabupaten Musi Banyuasin yang menjadi kebanggaan warga setempat.

"Kegiatan kami hari ini melakukan pelatihan pembuatan ikan asin peda, karena ini jadi salah satu makanan khas daerah sini dan juga memang bisa bernilai ekonomi karena sangat mudah untuk mendapatkan bahan-bahannya dan untuk mengolahnya," ujar Nurhadi, dalam siaran pers, Sabtu (9/12/2023).



Indonesia yang sebagian besar wilayahnya merupakan perairan memang memiliki potensi perekonomian dari sektor perikanan yang sangat besar. Hal itu pun menjadi salah satu faktor yang menentukan kemajuan Bangsa Indonesia.

Nurhadi menegaskan, masyarakat khususnya seluruh warga Kabupaten Musi Banyuasin diharapkan dapat memanfaatkan potensi ikan peda untuk membuka peluang usaha seluas-luasnya baik usaha rumahan, UMKM maupun dalam bentuk unit usaha bersama.

"Potensi ekonomi yang ada di Indonesia ini kan kebanyakan daerah perairan inibisa untuk mendongkrak perekonomian kita, karena untuk daerah perairan itu kan kita tidak susah mencari ikannya, beras ketannya jadi bisa kita olah, bisa kita jadikan usaha rumahan, kelompok usaha bersama," kata Nurhadi.

Untuk menakar seberapa besar hasil pendapatan dari peluang usaha ikan peda, Nurhadi menyebutkan keuntungan omzet yang dihasilkan dari usaha tersebut bisa mencapai tiga kali lipat dari modal yang dikeluarkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2591 seconds (0.1#10.140)