Bank Sentral Israel Ingatkan Netanyahu: Anggaran Tertekan Imbas Perang

Kamis, 11 Januari 2024 - 20:29 WIB
loading...
Bank Sentral Israel Ingatkan Netanyahu: Anggaran Tertekan Imbas Perang
Bank Sentral Israel mengingatkan ke PM Netanyahu anggaran tertekan imbas perang. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Sentral Israel, Amir Yaron, mengajukan permohonan terakhir kepada Perdana Menteri Benjamin Netanyahu sehari sebelum pemungutan suara terkait revisi anggaran tahun ini akibat perang.

Dalam sebuah surat yang dikirim pada Rabu pagi kepada Netanyahu dan menteri keuangannya, Bezalel Smotrich, Yaron mendesak agar segera dilakukan penyesuaian anggaran untuk mengurangi pengeluaran dan meningkatkan pendapatan dalam dua tahun mendatang. Beberapa langkah yang ia kemukakan sangat tidak populer dan untuk saat ini tampaknya tidak akan dilakukan oleh pemerintah.

"Perintah hari ini adalah untuk melakukan aktivitas yang kuat dan tegas terlepas dari semua kesulitan dan tantangan yang ada, yang akan memperkuat kekuatan ekonomi dan keuangan ekonomi Israel dan menghindari tahun-tahun yang hilang," kata Yaron dikutip dari BNN Bloomberg, Kamis (11/1/2024).



Permohonan Yaron, yang baru-baru ini diangkat untuk masa jabatan lima tahun kedua, menandai langkah terbarunya dalam perdebatan mengenai respon fiskal yang mahal terhadap konflik tiga bulan dengan Hamas yang menurut perkiraan bank sentral akan menelan biaya 210 miliar shekel (USD56 miliar).

Yaron, yang sebelumnya adalah seorang profesor keuangan di sekolah bisnis Wharton University of Pennsylvania, telah menjadi pengkritik kebijakan fiskal selama konflik dan sebelumnya mempertanyakan upaya kabinet Netanyahu untuk melemahkan kekuasaan para hakim.

Anggaran Tertekan

Analisis Kementerian Keuangan yang baru-baru ini diterbitkan menguraikan lonjakan pengeluaran sebesar 48 miliar shekel pada tahun 2024, diperparah dengan penurunan pendapatan sebesar 35 miliar shekel dibandingkan dengan perkiraan sebelum perang.

Defisit Israel diperkirakan akan membengkak menjadi 6% dari produk domestik bruto jika tidak ada penyesuaian yang dilakukan terhadap anggaran 561 miliar shekel tahun ini. Rencana fiskal awal yang disetujui bulan Mei lalu memperkirakan anggaran yang hampir 10% lebih kecil.

Fokus Yaron dalam surat tersebut adalah pada dua langkah spesifik yang enggan diadopsi oleh pemerintah Netanyahu menaikkan tarif pajak pertambahan nilai sebesar 17% dan membatalkan tunjangan pajak yang telah lama dijanjikan untuk para orang tua yang memiliki anak-anak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1594 seconds (0.1#10.140)