Pengusaha Minta Pemerintah Mengakselerasi Resep Kesehatan dan Ekonomi

Kamis, 13 Agustus 2020 - 08:44 WIB
loading...
Pengusaha Minta Pemerintah Mengakselerasi Resep Kesehatan dan Ekonomi
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pandemi virus Covid-19 ini terus menekan perekonomian di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Pemerintah harus memilik resep yang tepat agar roda perekonomian tetap berputar di tengah pandemi. Resep tersebut mencakup sisi kesehatan dan ekonomi.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan dalam kondisi sekarang yang terpenting adalah mempertahankan agar kondisi tidak lebih buruk. Makanya, perlu akselerasi program kesehatan dan ekonomi.

"Pemerintah sudah benar menyelaraskan kesehatan dan ekonomi. Hanya sekarang mengakselarasi program kesehatan dan kesinambungan pada ekonomi Indonesia," kata Hariyadi dalam diskusi virtual yang diunggah dalam akun Youtube, Kamis (13/8/2020).

Dia melanjutkan, stimulus pemerintah adalah meringankan beban pengusaha. Para pelaku usaha berharap pencairan modal kerja lebih fleksibel dan agar dipercepat. ( Baca juga:Bocah 5 tahun Ditembak Mati Tetangga karena Bersepeda di Halaman Rumahnya )

"Resepnya itu agar turunkan yang positif Covid-19. Lalu bantuan buat pekerja yang gaji di bawah lima juta itu juga tepat dan baik untuk membantu masyarakat," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, ekonom Senior INDEF Didik J Rachbini menuturkan, yang terpenting saat ini adalah pemerintah harus mengatasi masalah kesehatan. Dia menyoroti anggaran untuk kesehatan yang lebih kecil daripada anggaran sosial.

"Yang utama dan penting mendoakan pemerintah sukses dalam mengatasi kesehatan. Yang tersurat tersirat (harusnya) sama, sekarang tidak sama. Anggaran kesehatan jauh lebih kecil daripada anggaran sosial, realisasinya juga kecil. Ini pondasi tidak ada tawar-menawar," tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2242 seconds (0.1#10.140)