Tandai Transformasi, KB Bank Fokus Beri Modal di 5 Sektor Utama Ini

Kamis, 14 Maret 2024 - 15:13 WIB
loading...
A A A
Besarnya negara Indonesia dilihat dari jumlah populasi Indonesia yang enam kali lipat dari Korea Selatan. Sehingga, pertumbuhan negara ini bisa lebih cepat dibandingkan Korea Selatan. Karena itulah, KB Bank ikut berperan dalam menyalurkan pembiayaan ke sejumlah sektor di Indonesia, di antaranya:

1. Electric Vehicle (EV)
KB Bank menyasar sektor kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) dengan memberikan produk kredit dan pembiayaan kepada nasabah. Tom menilai Indonesia bisa jadi pemimpin industri kendaraan listrik dunia.

Apalagi, pemerintah gencar memberikan subsidi untuk membentuk ekosistem kendaraan listrik. "Saya melihat Indonesia fokus pada perlindungan lingkungan, sehingga saya melihat Indonesia akan menjadi negara pemimpin untuk industri EV. Kami akan banyak memberikan bantuan untuk EV dan ekosistemnya agar bisa tumbuh bersama-sama," katanya.

2. Infrastruktur
Tom berharap agar mereka juga mampu melanjutkan kerja sama dalam pembiayaan infrastruktur. KB Bank sendiri, sudah pernah bekerja sama di sektor ini, seperti kerja sama dalam pembangunan infrastruktur air minum bersama Perusahaan Air Minum (PAM), jalan, dan pembangkit listrik.

"Sejak tahun lalu kami melakukan banyak support terhadap pembangunan PAM air bersih atau untuk pembangkit tenaga listrik atau untuk pembangunan jalan. Sekali lagi saya sampaikan misi KG Bank adalah menciptakan industri keuangan yang mengubah dunia," tutur Tom.

3. Agrikultur
Tom melihat industri agrikultur di Indonesia yang masih tumbuh dan berpotensi menjadi sektor strategis bagi negara ini. Dengan demikian, KB Bank juga ingin ikut serta dalam mengembangkan agrikultur di Indonesia.

“Kami berharap agar industri agrikultur ini terus berkembang, sehingga bisa ditopang dengan digitalisasi, dan bisa membentuk ekosistem yang lebih besar untuk meningkatkan pendapatan pihak-pihak yang terlibat di industri agrikultur itu sendiri,” terang Tom.

4. Kesehatan
KB Bank juga ingin berkontribusi terhadap pembiayaan di sektor kesehatan, yang masih menjadi sorotan. Tom ingin KB Bank bersama-sama dengan pihak lain memajukan industri kesehatan Tanah Air. KB Bank juga akan memberikan bantuan untuk health care seiring dengan meningkatnya ekonomi Indonesia.

5. UMKM
Sebagai wujud komitmen KB Bank dalam memperkuat sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia, yakni dengan menggandeng OttoDigital untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dengan kerja sama ini, UMKM dapat mengajukan pinjaman KUR melalui OttoPay.

Untuk mempermudah penyaluran KUR, KB Bank juga menyediakan 13 KUR Centre yang tersebar di sejumlah daerah di Indonesia. Wakil Direktur Utama KB Bank, Robby Mondong mengatakan, kemitraan yang terjalin antara KB Bank dan OttoDigital merupakan langkah strategis untuk berkontribusi terhadap perkembangan UMKM, dan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2717 seconds (0.1#10.140)