Kemenhub Tawarkan Dua Pelabuhan di Sulawesi Secara KPBU

Jum'at, 14 Desember 2018 - 01:01 WIB
Kemenhub Tawarkan Dua Pelabuhan di Sulawesi Secara KPBU
Kemenhub Tawarkan Dua Pelabuhan di Sulawesi Secara KPBU
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) siap menawarkan dua pelabuhan di Sulawesi untuk dikerjasamakan melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Kedua pelabuhan yang ditawarkan tersebut adalah Pelabuhan Baubau di Sulawesi Tenggara dan Pelabuhan Anggrek di Gorontalo.

"Kita ingin bahwa pelabuhan-pelabuhan medium size ini tidak lagi dibiayai APBN, tapi dibiayai swasta dalam konsep konsesi. Kebutuhannya bahwa kita ingin sekali level of service di pelabuhan tersebut menjadi lebih baik," ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Menhub berharap dengan dikerjasamakan, pelabuhan tersebut akan menjadi lebih efisien sehingga barang yang keluar dapat lebih kompetitif serta dapat memberikan daya saing yang baik, khususnya di Sulawesi Tenggara dan Gorontalo. Kemudian dana APBN yang selama ini digunakan dapat dialihkan ke pembangunan pelabuhan lain di Indonesia.

Saat ini kedua pelabuhan di Sulawesi ini sedang dalam tahap persiapan, dan menurut Menhub sudah dapat ditawarkan pada Januari 2019. "Nilai investasinya Rp500 miliar sampai Rp1 triliun untuk masing-masing pelabuhan," imbuhnya.

Kemenhub juga telah melaksanakan beberapa kegiatan strategis yang menjadi program prioritas kementerian. Dalam rangka mendukung konektivitas, Ditjen Perhubungan Laut hingga tahun 2017 telah menyelesaikan pembangunan nonkomersial sebanyak 104 pelabuhan dan pada tahun 2018 sebanyak 25 pelabuhan serta di tahun 2019 direncanakan sebanyak tujuh pelabuhan.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1364 seconds (0.1#10.140)