Dampak Ngeri Perang Iran-Israel Bagi Perekonomian Indonesia

Minggu, 21 April 2024 - 09:14 WIB
loading...
Dampak Ngeri Perang Iran-Israel Bagi Perekonomian Indonesia
Konflik Iran dengan Israel akan mengancam kenaikan harga bahan bakar minyak dan menggangu suplai global. FOTO/Ist
A A A
JAKARTA - Serangan Iran yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel akhir pekan lalu telah meningkatkan ketegangan di Timur Tengah yang kaya akan minyak dan mengancam harga bahan bakar melonjak jika konflik meningkat dan mengganggu suplai global. Iran meluncurkan sejumlah rudal ke arah Israel sebagai pembalasan atas serangan yang dicurigai dilakukan Israel terhadap sebuah kompleks diplomatik Iran di Suriah pada 1 April.

Ketegangan tersebut membuat harga minyak sempat melonjak tajam, yang belum pernah terjadi sejak Oktober. Harga minyak telah meningkat tajam sejak mencapai titik terendah di awal Februari. Brent telah naik lebih dari 16% pada saat itu ditutup di atas USD90 per barel pada awal April untuk pertama kalinya sejak Oktober sementara WTI telah naik hampir 19% dan mencapai USD85 per barel. Konflik yang semakin dalam ini meningkatkan risiko peningkatan volatilitas di pasar minyak global.



Perseteruan antarkedua negara dapat mengganggu pengiriman melalui Selat Hormuz, sebuah jalur air sempit di perbatasan selatan negara tersebut yang dilalui oleh lebih dari seperempat perdagangan minyak maritim global termasuk minyak mentah dan produk bahan bakar minyak (BBM) setiap harinya.

Jika konflik meningkat lebih jauh, Iran memiliki kemampuan untuk menyerang kapal tanker minyak yang melewati selat tersebut dengan menggunakan pesawat tak berawak, rudal, atau kapal selam. Skenario terburuk akan melibatkan blokade total selat oleh Teheran meskipun kemungkinannya sangat kecil.

Data IEA menunjukkan Iran mengekspor hingga 1,5 juta barel per hari minyak mentah atau setara dengan 1,5% pasokan minyak global. Negara ini memproduksi total 3,25 juta barel per hari minyak mentah di bulan Maret. Megutip CNN International, meningkatnya ketegangan di Timur Tengah dapat berdampak pada permintaan logam mulia dan bank-bank sentral kembali jalur penurunan suku bunga karena risiko geopolitik dan lonjakan inflasi lebih tinggi.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI) Fithra Faisal Hastiadi menyatakan dampak ekonomi baru akan terlihat jika perang Iran dengan Israel terus berlanjut. Perekonomian Indonesia akan terkena dampak kenaikan harga minyak mentah global.

Dia memproyeksikan harga minyak bisa mencapai USD100 barel apabila tensi kedua negara terus memanas. Harga minyak naik bukan karena pasokannya berkurang akibat perang tapi jalur perdagangan terganggu.

"Kalau kita lihat dampak secara global harga minyak dunia akan di atas USD100 per barel," kata dia dikutip dari BBC, Minggu (21/4/2024).

Indonesia sebagai negara importir minyak akan terkena dampak. Saat harga minyak meningkat maka harga BBM juga akan naik kemudian diikuti dengan kenaikan harga komoditas lainnya. "Apabila pemerintah mempertahankan harga BBM di level sekarang maka beban subsidi BBM akan besar sekali," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2354 seconds (0.1#10.140)