BI Rate Naik 6,25%, Investasi Ini Masih Bersinar

Kamis, 25 April 2024 - 11:50 WIB
loading...
BI Rate Naik 6,25%, Investasi Ini Masih Bersinar
RDG Bank Indonesia memutuskan untuk menaikkan BI Rate sebesar 25 bps menjadi 6,25%. FOTO/Ilustrasi/MNC Media
A A A
JAKARTA - Rupiah berhasil menguat terhadap dolar Amerika Serikat setelah hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 bps menjadi 6,25%.

Berdasarkan data, berdasarkan akhir perdagangan pada,Kamis (25/4/2024) rupiah berada di Rp16.150/USD, atau menguat 0,40% dalam sehari. Hal ini melanjutkan katalis positif yang sudah terjadi sejak 2 hari sebelumnya.



BI mengatakan Kenaikan suku bunga ini untuk memperkuat stabilitas nilai tukar Rupiah dari dampak memburuknya risiko global serta sebagai langkah pre-emptive dan forward looking untuk memastikan inflasi tetap dalam sasaran 2,5±1% pada 2024 dan 2025 sejalan dengan stance kebijakan moneter yang pro-stability.

Selain memutuskan untuk menaikkan BI-Rate, RDG BI juga menaikkan suku bunga Deposit Facility sebesar 25 bps menjadi 5,50%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 25 bps menjadi 7,00%.

Ipan Samuel Hutabarat, Chief Investment Officer MNC Asset Management mengatakan bahwa keputusan hasil RDG BI untuk menaikkan suku bunga acuan berada sedikit di atas ekspektasi pasar. Menaikkan suku bunga acuan tersebut menurutnya adalah bentuk mitigasi dari BI untuk menghadapi gejolak global.

“Keputusan BI untuk menaikkan suku bunga acuan memang sedikit berada di atas ekspektasi pasar, namun hal ini memang sebagai langkah mitigasi yang tepat dalam menghadapi gejolak global, karena jika tidak dinaikkan maka akan mengganggu stabilitas ekonomi,” kata dia.



Eskalasi politik antara Iran dan Israel juga menjadi faktor pemicu pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, kondisi ini mengakibatkan terjadinya capital out flow yang cukup besar di Indonesia. “Eskalasi politik Iran dan Israel adalah salah satu pemicu utama terdepresiasinya rupiah beberapa hari ini,” jelas Ipan.

Pada akhirnya investor akan mencari instrumen investasi yang dapat memberikan fleksibilitas terukur, “Ada peluang para investor akan cenderung untuk memindahkan aset-asetnya dari instrumen yang mempunyai risiko tinggi ke instrumen investasi yang berisiko rendah, seperti reksa dana pasar uang,” tutupnya.

Adapun produk yang dapat direkomendasikan adalah reksa dana pasar uang MNC Dana Lancar degan indikasi return 4,93% 1 year (net) dan MNC Dana Syariah Barokah dengan imbal hasil 4,48% 1 year (net) berdasarkan NAB per 24 April 2024.

Kedua produk tersebut dapat dibeli melalui direct sales kami pada nomor WhatsApp 0811-1211-9696 dan reksa dana online www.motionfunds.id, serta APERD kami seperti MotionTrade, Bareksa, IPOT Fund, Poems ID, Ajaib, Mirae Asset Sekuritas, SMARD, SFAST dan Invesnow.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1592 seconds (0.1#10.140)