Arab Saudi Bantah Skala Kota Futuristik NEOM Diciutkan

Selasa, 30 April 2024 - 11:39 WIB
loading...
Arab Saudi Bantah Skala Kota Futuristik NEOM Diciutkan
Pembangunan megaproyek NEOM termasuk kota futuristik The Line disebut berjalan sesuai rencana tanpa perubahan skala. FOTO/NEOM
A A A
JAKARTA - Menteri Perekonomian Arab Saudi membantah laporan baru-baru ini yang menyebutkan bahwa megaproyek NEOM harus mengurangi beberapa rencananya. Pembangunan kota futuristik di pantai Laut Merah senilai USD1,5 triliun itu disebut berjalan sesuai rencana.

"Semua proyek berjalan dengan kecepatan penuh," kata Menteri Perekonomian Arab Saudi Faisal Al Ibrahim seperti dilansir CNBC, Selasa (30/4/2024). "Kami bertekad untuk melakukan sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya dan kami melakukan sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan kami akan memberikan sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya," tegasnya.

Pada awal bulan ini, muncul laporan di media Barat bahwa proyek The Line, sebuah kota berdinding kaca yang direncanakan akan membentang sejauh 105 mil melintasi gurun pada tahun 2030, akan menjadi hanya 1,5 mil pada saat itu – pengurangan sebesar 98,6%.



Mengutip sumber anonim yang mengetahui masalah ini, laporan awal Bloomberg mengatakan bahwa rencana awal pemerintah Saudi untuk memiliki 1,5 juta orang yang tinggal di The Line pada tahun 2030 dipangkas menjadi hanya 300.000 orang.

Pengurangan rencana tersebut, setidaknya dalam jangka menengah, terjadi di tengah laporan kekhawatiran mengenai pendanaan untuk NEOM, yang merupakan bagian dari inisiatif Visi 2030 kerajaan yang lebih luas untuk mendiversifikasi perekonomiannya dari minyak. Dana kekayaan negara Arab Saudi, Dana Investasi Publik, belum menyetujui anggaran NEOM untuk tahun 2024, menurut laporan Bloomberg.

Al Ibrahim menekankan bahwa proyek-proyek tersebut akan dilaksanakan sesuai rencana, tetapi dengan kualifikasi bahwa keputusan dibuat untuk dampak ekonomi yang optimal. "Kami melihat masukan dari pasar, kami melihat lebih banyak minat dari investor dan kami akan selalu memprioritaskan pada hal-hal yang dapat kami optimalkan untuk mendapatkan dampak ekonomi yang optimal," ujarnya.

"Saat ini, perekonomian di Kerajaan tumbuh lebih cepat, namun kami tidak ingin terlalu memanaskannya. Kami tidak ingin menyelesaikan proyek-proyek ini dengan biaya impor yang terlalu besar dan bertentangan dengan kepentingan kami sendiri. Kami akan terus melaksanakan proyek-proyek ini dengan cara yang memenuhi prioritas-prioritas ini, melaksanakan proyek-proyek ini dan memberikan dampak sehat yang optimal bagi perekonomian kita dan pertumbuhan non-minyak yang sehat di dalamnya," papar Al Ibrahim.



Sang menteri pun menekankan bahwa untuk proyek NEOM, skala yang diharapkan tetap berjalan sesuai rencana. "Tidak ada perubahan skala. Ini adalah proyek jangka panjang dengan desain modular," katanya. "Mega proyek lainnya akan dilaksanakan untuk memberikan dampak spesifik di sektor tertentu."

Ketika ditanya pesan seperti apa yang akan disampaikan oleh laporan timeline dan perubahan skala kepada investor swasta, Al Ibrahim mengatakan bahwa keputusan akan dibuat sesuai dengan kebutuhan dan keuntungan proyek, dan bahwa semua perkembangan dalam NEOM menunjukkan minat investor yang meningkat.

"Perlu diingat bahwa sektor-sektor ini tidak ada di masa lalu. Mereka dibangun dari awal. Hal ini memerlukan sejumlah investasi dan dukungan penuh dari pemerintah dan dana kekayaan negara," katanya.

"Dan kami melihat peningkatan minat investor terhadap semua proyek ini. Proyek-proyek ini akan dilaksanakan sesuai skalanya dan dengan cara yang prioritasnya sesuai dengan kebutuhan proyek, keuntungan dari proyek-proyek tersebut, dan dampak ekonominya. Ini seperti meminimalkan kebocoran, juga meminimalkan risiko panas berlebih."
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3748 seconds (0.1#10.140)