Sikap Dovish The Fed Mendongkrak Wall Street ke Zona Hijau

Jum'at, 03 Mei 2024 - 07:44 WIB
loading...
Sikap Dovish The Fed Mendongkrak Wall Street ke Zona Hijau
Wall Street ditutup menguat pada perdagangan Kamis (2/5/2024) waktu setempat, ketika investor mempertimbangkan sikap Federal Reserve alias the Fed yang cenderung dovish dari perkiraan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wall Street ditutup menguat pada perdagangan Kamis (2/5/2024) waktu setempat, ketika investor mempertimbangkan sikap Federal Reserve alias the Fed yang cenderung dovish dari perkiraan. Bank sentral diyakini bakal menunda menaikkan suku bunga atau melonggarkan kebijakan moneter.



Mengutip Reuters, ketiga indeks bursa saham AS berakhir di teritori positif. Dow Jones Industrial Average (.DJI) naik 322,37 poin atau 0,85% menjadi 38,225.66. Sedangkan indeks S&P 500 (.SPX) bertambah 45,81 poin yang setara 0,91% ke posisi 5.064,2 dan Nasdaq Composite (.IXIC) meningkat 235,48 poin, atau 1,51%, pada 15.840,96.

Nasdaq yang padat teknologi memimpin, lewat kenaikan 1,5% dengan dorongan yang sehat dari saham chip setelah Qualcomm (QCOM.O) melaporkan penjualan dan laba kuartalan di atas ekspektasi analis.



Selain itu, pasar terus menganalisis jaminan Ketua Fed Jerome Powell pada hari Rabu bahwa langkah kebijakan bank sentral berikutnya adalah menurunkan suku bunga kebijakan utamanya, setelah bank sentral mempertahankan suku bunga tidak berubah pada akhir pertemuan bulanannya.

Namun, ia mencatat bahwa pembacaan inflasi yang kuat baru-baru ini menunjukkan bahwa penurunan suku bunga pertama mungkin memerlukan waktu yang lama.

“Kesimpulan dari kejadian kemarin adalah bias The Fed masih turun, mempertahankan suku bunga stabil atau menurunkan suku bunga,” kata Paul Nolte, penasihat kekayaan senior dan ahli strategi pasar di Murphy & Silvest di Elmhurst, Illinois.

"Mereka tidak bersedia menaikkan suku bunga mulai saat ini. Mereka akan mempertahankan suku bunga tetap stabil, dan jika ada tanda-tanda pelemahan ekonomi atau penurunan inflasi, mereka akan siap untuk melompat dan melakukan pemotongan."

Data yang dirilis pada hari Kamis termasuk klaim pengangguran yang teredam, penurunan rencana PHK, lonjakan biaya tenaga kerja triwulanan dan penurunan tajam dalam produktivitas, yang semuanya mengalihkan fokus pada laporan ketenagakerjaan bulan April yang diawasi ketat pada hari Jumat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1436 seconds (0.1#10.140)