Dimusuhi Barat, China dan Rusia Bakal Bangun Kekuatan Baru

Rabu, 08 Mei 2024 - 11:13 WIB
loading...
Dimusuhi Barat, China dan Rusia Bakal Bangun Kekuatan Baru
Presiden China Xi Jinping saat berkunjung ke Moskow dan kesibukannya dalam membangun kesepakatan perdagangan, energi, dan infrastruktur. FOTO/WSJ
A A A
JAKARTA - Beijing telah bersumpah langkah-langkah proaktif akan diambil dengan Moskow untuk mengkonsolidasikan perdagangan bilateral di area-area tradisional seperti energi, mineral dan biji-bijian, meskipun ada ancaman sanksi dari Brussels dan Washington atas perang Ukraina. Kedua negara akan membangun kekuatan baru di jalur perdagangan.

Direktur kementerian perdagangan untuk urusan Eurasia, Liu Xuesong, mengatakan China akan bekerja sama dengan Rusia untuk memasuki sektor-sektor baru untuk perdagangan bilateral, termasuk di bidang jasa, ekonomi digital, dan industri hijau dan pengembangan rendah karbon.

Kerja sama tersebut akan ditindaklanjuti pada perdagangan bilateral akan diselenggarakan pada tanggal 16-21 Mei di kota Harbin di bagian timur laut China, dengan fokus pada kolaborasi industri dan manufaktur, pertanian, dan logistik.

"Kedua negara memiliki perkembangan yang solid dalam hal jaringan pipa minyak mentah China-Rusia, Power of Siberia, Jembatan Blagoveshchensk-Heihe, dan jembatan kereta api Tongjiang-Nizhneleninskoye," kata Liu dalam sebuah konferensi pers, dikutip SCMP, Rabu (8/5/2024).



Perdagangan bilateral kedua negara tumbuh 5,2 persen menjadi USD56,68 miliar pada kuartal pertama tahun ini, didorong oleh kerja sama yang kuat dalam perdagangan jasa dan e-commerce lintas batas. Negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia ini terus membeli minyak mentah dan gas alam yang sangat dibutuhkan dari negara tetangganya di utara untuk menopang ketahanan energi, tetapi status pipa gas Power of Siberia 2, yang dianggap sebagai proyek utama dalam kemitraan strategis.



Pihak berwenang China telah menghadapi tekanan yang meningkat atas hubungannya dengan Rusia, sejak invasinya ke Ukraina pada Februari 2022 telah memicu sanksi menyeluruh dari Uni Eropa dan Amerika Serikat. Setelah bertemu dengan Presiden Xi Jinping di Istana Elysee pada hari Senin, Presiden Prancis Emmanuel Macron menyambut baik komitmen Beijing untuk menahan diri tidak menjual senjata atau bantuan apa pun kepada Rusia dan untuk mengontrol secara ketat penjualan produk dan teknologi yang dapat digunakan baik untuk tujuan sipil maupun militer.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0832 seconds (0.1#10.140)