alexametrics

Pasokan Cabai dan Bawang Mencukupi Selama Puasa hingga Lebaran

loading...
Pasokan Cabai dan Bawang Mencukupi Selama Puasa hingga Lebaran
Kementan menyatakan pasokan cabai dan bawang merah mencukupi selama puasa hingga Lebaran 2019. Foto/Ilsutrasi/SINDOnews
A+ A-
BOGOR - Kementerian Pertanian menyatakan pasokan cabai dan bawang merah dari daerah penghasil sangat mencukupi untuk kebutuhan selama puasa hingga Lebaran. Dengan ini, diharapkan harga bawang merah dan cabai tidak bergejolak.

"Sesuai arahan Menteri Pertanian untuk menjaga pasokan dan stabilitas harga, pasokan cabai dan bawang merah, kami jamin aman dan sangat mencukupi kebutuhan selama puasa hingga Lebaran," ujar Direktur Jenderal Hortikultura Kementan, Suwandi di Bogor, Jumat (26/4/2019).

Suwandi menjelaskan ketercukupan ini bertepatan dengan masa panen raya bawang merah dan cabai di sentra-sentra besar, pada Mei hingga Juni 2019. Terkait bawang putih, kata dia, Kementan bersama dengan Kementerian Perdagangan kompak memastikan pasokan segera normal, dengan diterbitkannya Surat Persetujuan Impor kepada beberapa importir.



Soal, bawang merah, Suwandi menuturkan saat ini harganya sudah normal. Di Pasar Induk, harha bawang sudah dibawah Rp20.000 per kilogram. Sementara itu, sentra-sentra besar seperti Brebes, Nganjuk, Demak, Grobogan, hingga Bima, saat ini sudah memasuki masa panen.

"Jadi pasokan dan harga di Pasar Induk sudah normal. Tren pasokan dan harga akan stabil dan terus berlanjut sampai Lebaran nanti," tandasnya.

Begitu pula dengan pasokan cabai rawit dan cabai keriting, yang diklaimnya juga aman. Untuk jenis cabai merah besar dalam beberapa hari kedepan juga akan terkoreksi normal seiring panen di Parakan, Muntilan hingga Pujon Malang.

Di tempat sama, Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting, Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kemendag, Tuti Prahastuti, menyebutkan terdapat empat komoditas pangan yang perlu diwaspadai dan dijaga stabilitas pasokan dan harganya jelang puasa tahun ini. Yaitu bawang putih, bawang merah, cabai merah besar, dan daging ayam.

"Kami sudah cek ke beberapa gudang importir untuk memastikan ketersediaan bawang putih. Operasi Pasar bawang putih juga sudah kami lakukan di delpaan provinsi yang peningkatan harganya diatas 20%," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Operasi (Kasatops) Satgas Pangan Mabes Polri, Kombes Pol Helfi Assegaf, meminta Kementerian terkait untuk memetakan dengan pasti kebutuhan di masing-masing daerah serta lumbung-lumbung produksi. Namun demikian, pihaknya telah memetakan pasokan cabai dan bawang untuk puasa dan Lebaran nanti secara nasional aman.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak