Grup Perbankan Italia Tolak Perintah UE untuk Keluar dari Rusia

Rabu, 03 Juli 2024 - 13:06 WIB
loading...
Grup Perbankan Italia Tolak Perintah UE untuk Keluar dari Rusia
Grup perbankan UniCredit dari Italia menentang perintah Bank Sentral Eropa agar menutup bisnisnya di Rusia. FOTO/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - UniCredit, grup perbankan internasional yang bermarkas di Milan, Italia, mengajukan banding ke pengadilan tinggi Uni Eropa (UE) untuk mengklarifikasi perintah yang dikeluarkan oleh Bank Sentral Eropa (ECB) bagi lembaga Italia tersebut untuk mengurangi kehadirannya di Rusia.

Mengutip Russia Today, Rabu (3/7/2024), lembaga pemberi pinjaman tersebut telah mengajukan permohonan ke Pengadilan Umum Uni Eropa untuk "klarifikasi hukum definitif" atas kewajiban yang ditetapkan oleh ECB untuk menutup bisnisnya di Rusia.

UniCredit menyatakan bahwa meskipun mematuhi permintaan regulator untuk memangkas aktivitasnya di Rusia, pihaknya khawatir "tentang persyaratan yang harus dipenuhi untuk pengurangan ini sebagaimana ditetapkan dalam keputusan yang dikeluarkan oleh ECB, yang melampaui kerangka hukum saat ini."



Diberitakan sebelumnya, ECB telah menekan bank-bank Uni Eropa yang beroperasi di Rusia untuk segera keluar dari Rusia di tengah ancaman sanksi AS yang lebih keras terhadap Moskow atas konflik di Ukraina.

Pada bulan Mei lalu, regulator perbankan yang berpusat di Frankfurt tersebut mengirim surat kepada pemberi pinjaman dengan permintaan untuk "rencana aksi" untuk mengakhiri bisnis mereka di Rusia paling cepat pada bulan Juni.

UniCredit saat ini memiliki eksposur terbesar kedua ke pasar Rusia di antara bank-bank yang berbasis di UE, dan termasuk dalam daftar 13 lembaga kredit penting secara sistemik bank sentral Rusia.

Bank-bank UE lainnya – termasuk Raiffeisen Bank International (RBI) Austria, pemberi pinjaman Belanda ING, Commerzbank dan Deutsche Bank Jerman, OTP Bank Hungaria, Intesa SanPaolo Italia, dan SEB Swedia – juga mempertahankan kehadirannya di pasar Rusia meskipun ada sanksi Barat.



Saat mengumumkan gugatan hukumnya, bank tersebut mencatat bahwa mereka telah mengurangi eksposur lintas batasnya ke Rusia sebesar 91% dan eksposur domestiknya sebesar 65% sejak Februari 2022.

Pemberi pinjaman Italia tersebut mengatakan pengajuan tersebut dapat memakan waktu beberapa bulan dan meminta penangguhan sementara atas keputusan regulator. Tercatat, UniCredit beroperasi di Rusia melalui anak perusahaan, dengan sekitar 3.100 karyawan dan lebih dari 50 kantor cabang.

Keadaan yang belum pernah terjadi sebelumnya, kompleksitas yang melekat dalam skenario geopolitik dan ekonomi, serta kurangnya kerangka regulasi yang harmonis yang berlaku untuknya, dan potensi konsekuensi serius yang tidak diinginkan dari penerapan keputusan yang tidak hanya akan berdampak pada anak perusahaan Rusia memaksa UniCredit untuk mencari kejelasan.

Menteri Luar Negeri Italia Antonio Tajani menyambut baik penentangan oleh bank tersebut. Dia mengatakan bahwa ECB harus mempertimbangkan situasi di mana perusahaan Italia beroperasi di Rusia, sesuai dengan sanksi UE. "Keputusan yang tergesa-gesa hanya berisiko merugikan perusahaan Italia dan UE," ungkapnya seperti dikutip Reuters.
(fjo)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1012 seconds (0.1#10.140)