Rejeki Nomplok, Ukraina Terima Hasil 'Pencurian' Aset Rusia Rp24 Triliun

Minggu, 21 Juli 2024 - 07:44 WIB
loading...
Rejeki Nomplok, Ukraina...
Euroclear mengkonfirmasi bahwa mereka akan menyita bunga yang dihasilkan oleh dana Rusia yang dibekukan, dan mereka pegang akan ditransfer ke Ukraina. FOTO/iStock
A A A
JAKARTA - Lembaga penyimpanan dan kliring yang berbasis di Brussels, Euroclear mengkonfirmasi bahwa mereka akan menyita bunga yang dihasilkan oleh dana Rusia yang dibekukan dan mereka pegang akan ditransfer ke Ukraina.

"Pada Juli 2024, Euroclear akan melakukan pembayaran pertama sebesar USD1,5 miliar atau Rp24 triliun kepada Dana Eropa untuk Ukraina setelah penerapan peraturan Uni Eropa baru-baru ini mengenai kontribusi rejeki nomplok," Euroclear menyatakan dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Russia Today, Minggu (21/7/2024).



Keputusan ini diambil setelah berbulan-bulan pertimbangan di antara negara-negara Uni Eropa dan G7 tentang bagaimana menggunakan miliaran dolar milik Bank Sentral Rusia yang dibekukan sebagai bagian dari sanksi terkait Ukraina.

Pengumuman ini muncul sebagai bagian dari laporan hasil keuangan untuk paruh pertama tahun 2024, yang mengungkapkan bahwa aset Rusia yang dibekukan telah menghasilkan €3,4 miliar atau USD3,7 miliar dari €4 miliar atau USD4,36 miliar bunga yang diperoleh oleh lembaga kliring selama periode enam bulan.

Setelah dipotong pajak, rejeki nomplok ini berjumlah €1,7 miliar atau USD1,85 miliar, €1,55 miliar atau USD1,7 miliar di antaranya akan dikirim ke Ukraina. Sisanya akan disisihkan sebagai penyangga terhadap risiko saat ini dan di masa depan.

Sebanyak €836 juta atau USD910 juta akan dibayarkan ke Belgia dalam bentuk pajak perusahaan, tambah pernyataan tersebut. Euroclear mengatakan bahwa mereka terus dengan tekun menerapkan sanksi internasional terhadap aset-aset Rusia.



Uni Eropa membekukan sekitar €210 miliar atau USD229 miliar aset-aset negara milik bank sentral Rusia sebagai bagian dari sanksi-sanksi yang dijatuhkan pada Moskow atas konflik di Ukraina. Sebagian besar dana tersebut disimpan di tempat penyimpanan milik swasta.

Lembaga kliring ini sebelumnya melaporkan aset-aset ini telah menghasilkan sekitar €4,4 miliar atau USD4,8 miliar dalam bentuk bunga tahun lalu. Pada Juni, Dewan Urusan Luar Negeri Uni Eropa mengumumkan bahwa mereka akan memberikan keuntungan rejeki nomplok dari dana Rusia yang dibekukan kepada Ukraina. Tahap pertama akan digunakan untuk membeli amunisi dan sistem pertahanan udara dan menambahkan bahwa USD1 miliar lainnya akan ditransfer pada akhir tahun.

Beberapa anggota G7, seperti AS dan Inggris, telah mendorong penyitaan aset-aset Rusia. Kekhawatiran atas legalitas langkah tersebut menyebabkan keputusan untuk menggunakan bunga yang dihasilkan oleh dana tersebut sebagai gantinya.

Rusia telah berulang kali mengatakan bahwa tindakan apa pun yang diambil terhadap aset-asetnya akan dianggap sebagai 'pencurian' dan bersikeras bahwa penyitaan dana atau tindakan serupa akan melanggar hukum internasional dan mengarah pada pembalasan. Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov memperingatkan bahwa upaya ilegal untuk merampok Federasi Rusia akan menyebabkan kerusakan besar pada sistem keuangan internasional.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1005 seconds (0.1#10.140)