5 Negara Eropa yang Ketergantungan Gas Rusia, 2 diantaranya Anggota NATO

Kamis, 25 Juli 2024 - 13:25 WIB
loading...
A A A
Makedonia Utara menjadi negara ketiga yang punya pangsa pasokan gas Rusia sebesar 100% pada 2021. Hal ini membuatnya sangat bergantung dengan gas Rusia.

Bersama negara seperti Bosnia Herzegovina, Yunani, Hungaria, dan Serbia, Makedonia Utara biasa menerima gas Rusia dari Bulgaria. Namun, pasokan di Bulgaria sudah macet sejak April 2022 karena negara itu menolak membayarnya dengan Rubel.

4. Latvia

Pada 2021, Latvia memiliki pasokan gas Rusia mencapai 92%. Namun, angka tersebut sudah banyak berubah sejak invasi Kremlin ke Ukraina.

Menanggapi invasi itu, pemerintah Latvia mulai melarang impor gas Rusia secara perlahan. Hal ini dilakukan menyusul keputusan negara-negara Uni Eropa yang sepakat mengekang penggunaan gas dari Rusia.

Di sisi lain, Gazprom pun bertindak tegas dengan menghentikan pasokannya secara total ke negara tersebut. Terlebih, Latvia juga sebelumnya menolak membayar dalam rubel.

5. Serbia

Berikutnya ada Serbia. Negara ini juga punya riwayat ketergantungan gas Rusia sejak lama.

Pada 2021, data Statista mencatat Serbia memiliki pasokan gas Rusia mencapai 89%. Angka tersebut menempatkannya dalam urutan ke-5 terbesar di Eropa.

Namun, sebagaimana negara-negara Eropa lain, Serbia bertindak atas invasi Rusia ke Ukraina. Berusaha mengurangi ketergantungan, mereka membangun jaringan pipa baru yang menghubungkan Serbia dengan Bulgaria.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1077 seconds (0.1#10.140)