Orang Tua Makin Sulit Biayai Sekolah Anak, Ini Buktinya

Kamis, 01 Agustus 2024 - 13:51 WIB
loading...
Orang Tua Makin Sulit...
Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan kelompok pendidikan memberikan andil inflasi pada Juli 2024. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan kelompok pendidikan memberikan andil inflasi pada Juli 2024 sebesar 0,04 persen. Plt Kepala BPS Amalia A Widyasanti mengungkapkan, pada Juli 2024 ini kelompok pendidikan mengalami inflasi sebesar 0,69 persen.

"Data historis memperlihatkan, permulaan tahun ajaran baru sering menjadi pendorong inflasi dalam kelompok pendidikan," ungkap dia, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (1/8/2024).



Amalia menuturkan komoditas penyumbang inflasi dalam kelompok pendidikan adalah biaya sekolah yang semakin mahal baik dari tingkat sekolah dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang masing-masing menyumbang ambil inflasi sebesar 0,01 persen.

"Berdasarkan data historis kelompok pendidikan ini tentunya berpotensi memberikan andil terhadap inflasi dalam dua bulan ke depan," jelasnya.

Di sisi lain, BPS melaporkan terjadi deflasi sebesar 0,18 persen pada Juli 2024. Kelompok pengeluaran yang menjadi penyumbang deflasi terbesar adalah makanan minuman dan tembakau dengan deflasi sebesar 0,97 persen dan berikan andil deflasi 0,28 persen.



Amalia mengatakan, deflasi Juli 2024 sebesar 0,18 persen itu didorong oleh deflasi komponen harga bergejolak. Komponen ini mengalami deflasi sebesar 1,92 persen dan memberikan andil deflasi sebesar 0,32 persen.

Adapun komoditas yang dominan memberikan andil deflasi adalah bawang merah, cabe merah, tomat, daging ayam ras, bawang putih dan telur ayam ras.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1637 seconds (0.1#10.140)