AS Suntik Dana Rp63 triliun ke Ukraina, untuk Apa?

Selasa, 06 Agustus 2024 - 17:30 WIB
loading...
AS Suntik Dana Rp63...
Ukraina mendapat suntikan dana sebesar Rp63 triliun dari Amerika Serikat. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Ukraina telah menerima hibah sebesar USD3,9 miliar (sekitar Rp63 triliun dengan kurs saat ini) dari Amerika Serikat melalui Bank Dunia. Hal ini disampaikan oleh Perdana Menteri Ukraina Denys Shmygal dalam saluran Telegramnya.

“Ini adalah dukungan anggaran langsung tahap pertama dari Amerika Serikat pada tahun 2024. Secara total, tahun ini Ukraina akan menerima dukungan anggaran langsung sebesar $7,8 miliar dari Amerika Serikat,” tulisnya dikutip dari TASS, Selasa (6/8/2024)



Secara terpisah, Menteri Keuangan Sergey Marchenko bahwa hibah saat ini akan membantu pemerintah Ukraina mengganti pengeluaran prioritas di bidang sosial dan kemanusiaan tanpa menambah beban utang.

"dana tersebut akan membantu membiayai pengeluaran anggaran prioritas seperti gaji guru, dokter dan penyelamat, serta tunjangan sosial." ujar Sergey



Sekedar informasi, kemenkeu Ukraina mencatat sejak Februari 2022, dukungan anggaran langsung dari Amerika Serikat telah mencapai hampir US$ 27 miliar (Rp 436 triliun), sumber bantuan keuangan terbesar bagi Ukraina. Hibah tersebut merupakan bagian dari paket dukungan besar senilai US$ 60 miliar (Rp 970 triliun) bagi Ukraina.
(fch)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1564 seconds (0.1#10.140)